Hubungan antara Penggunaan Fitur pada Aplikasi Otten Coffee dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi tentang Kopi

M. Reza Yuditha, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. This research describes about correlation between  feature usage application Otten Coffee with fulfilment information need Member of Manual Brew Community about coffee. The purpose of this were to find the correlation significance between the intensity, contents of the message and interactivity of feature Otten Coffee application with fulfillment of member of Manual Brew Community about coffee. This research adopts Uses and gratificatin ny Katz, Blumber, and Gurevitch  theory which consists of three pillars, there are intensity, contents of the message and interactivity. The method that used in this research is correlational quantitative method. The sampling technique used is simple random sampling. The object of this research are member of Manual Brew Community. The process of collecting datas using questionnaires which are distributed to 89 respondents. The analysis technique used in this research are descriptive data analysis and inferential analysis. Result of this research indicates that there are significant correlations between intensity, contents of the message and interactivity with fulfillment of  information needs about coffee. 

Keywords—Information needs,Uses and Gratifications, Otten Coffee.

 

Abstrak. Penelitian ini membahas tentang hubungan antara penggunaan fitur pada aplikasi otten coffee dengan pemenuhan kebutuhan informasi anggota manual brew community tentang kopi . Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan, isi pesan dan interaktivitas fitur pada aplikasi Otten Coffee dengan pemenuhan kebutuhan informasi anggota manual brew community pengguna aplikasi Otten Coffee. Penelitian ini mengadopsi teori Uses and Gratifications yang dicetuskan oleh Katz, Blumber, dan Gurevitch yang terdiri dari 3 pilar yaitu intensitas penggunaan, isi pesan dan interaktivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel acak sederhana. Objek penelitian ini adalah anggota manual brew community. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 89 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan, isi pesan dan interaktivitas dengan pemenuhan kebutuhan informasi tentang kopi.

Kata Kunci: Kebutuhan Informasi, Uses and Gratifications, Otten Coffee.

Keywords


Kebutuhan Informasi, Uses and Gratifications, Otten Coffee , Information needs,Uses and Gratifications, Otten Coffee

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., Komala, L., dan Karlina, S. 2012. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ishak. 2006. Kebutuhan Informasi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) FK-UI dalam Memenuhi Tugas Journal Reading. Jurnal Pustaha, vol.2. Medan : DSPI

Nitisemito, A. S. 1996. Manajemen Personalia (manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, J. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Ruggiero, Thomas E. 2000. Uses and Gratifications Theory in the 〖21〗^stCentury. Communication Department, University Of Texas at El Paso. Mass Communication and society 3(1),3 – 37.

Sumber Lain:

Google Play, “Otten Coffeeâ€. Diakses pada tanggal 12 juli 2019,dari https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ottencoffee.android&hl=en.

Kurniawan 2019, “Konsumsi Kopi Tumbuh 7% per Tahunâ€. Diakses pada tanggal 12 Juli 2019,dari https://www.beritasatu.com/industri/484707/ konsumsi-kopi-tumbuh-7-per-tahun.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23905

Flag Counter   Â