Hubungan Brand Image dan Brand Trust dengan Loyalitas Konsumen Produk Sepatu Vans

Anastasya Refinia, Yulianti Yulianti

Abstract


Abstract. Progress in the fashion industry today continues to spin and bring up new trends. One of them is the emergence of various kinds of sneakers from various brands. Vans is a shoe brand originating from America that has been established for 54 years. During that time Vans survived to face various changes in the sneakers industry. With so many competitors and problems in the sneakers industry at this time, Vans can survive and still be looked at by consumers. This study aims to determine whether there is a relationship between brand image and brand trust with Vans consumer loyalty. The research method used in this study is a quantitative method with a correlational approach. The population in this study are members of the Skateboard Community in the city of Bandung, who are consumers of Vans shoes who have made purchases more than once. The sampling technique uses non probability sampling, namely purposive sampling technique. The sample in this study amounted to 97 respondents with the calculation of determining the sample using the Bernoulli formula. Data collection techniques in this study used questionnaires, observations, and literature studies. The data analysis technique used in this study uses descriptive analysis presented in the form of tables and descriptive descriptions as well as inferential analysis (Spearman Rank) through SPSS software. Based on the results of the study showed a significant relationship between the three dimensions of brand image including strength of brand association, favorable brand association and uniqueness of brand association with customer loyalty. Then the two dimensions of brand trust show a strong relationship including dimension of viability and dimension of intentionality with customer loyalty. The conclusion from this study there is a significant relationship between brand image and brand trust with customer loyalty Vans shoe products in skateboarding community members in the city of Bandung with the results of a correlation is 0,762 which means having a strong relationship level. 

Keywords: Brand Image, Brand Trust, Consumer Loyalty, Vans.


Abstrak. Kemajuan pada industri fashion saat ini terus berputar dan memunculkan trend baru. Salah satunya adalah munculnya berbagai macamsepatu sneakers dari berbagai merek. Vans merupakan merek sepatu yang berasal dari Amerika yang sudah berdiri selama 54 tahun. Selama itu Vans bertahan menghadapi berbagai perubahan di dalam industri sneakers. Dengan banyaknya pesaing dan masalah di dalam industri sneakers pada saat ini, Vans bisa bertahan dan masih dilirik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara brand image dan brand trust dengan loyalitas konsumen Vans. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Komunitas Skateboard di Kota Bandung yang merupakan konsumen sepatu Vans yang telah melakukan pembelian lebih dari satu kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden dengan perhitungan penentuan sampel menggunakan rumus bernoulli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan penjabaran deskriptif serta analisis inferensial (Rank Spearman) melalui software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara tiga dimensi dari brand image diantaranya strength of brand association, favorable of brand association dan uniqueness of brand association dengan loyalitas konsumen. Lalu dua dimensi dari brand trust menunjukkan hubungan yang kuat diantaranya dimension of viability dan dimension of intentionality dengan loyalitas konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara brand image dan brand trust dengan loyalitas kosumen produk sepatu Vans pada anggota komunitas skateboard di Kota Bandung dengan hasil korelasi sebesar 0,762 yang artinya memilki tingkat hubungan yang kuat. 

Kata Kunci: Brand Image, Brand Trust, Loyalitas Konsumen, Vans.


Keywords


Brand Image, Brand Trust, Loyalitas Konsumen, Vans.

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2018). Pemasaran dan Pemasaran Jasa. In Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Andreani, F., Taniaji, T. L., & Made Puspitasari, R. N. (2012). The Impact of Brand Image Towards Loyalty with Satisfaction as A Mediator in McDonald’s. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.64-71

Edris, M. (2009). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Kasus pada Detergen Merek Rinso di Kabupaten Kudus). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Kasus Pada Detergen Merek Rinso Di Kabupaten Kudus).

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. In Alfabeta Bandung.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Manajemen Pemasaran.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke – 12. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

RIzan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY TEH BOTOL SOSRO. Jurnal Riset Manajemen Sain Indonesia.

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, edisi keempat. In Edisi I. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23764

Flag Counter   Â