Hubungan Online Customer Review pada Media Sosial Instagram

Nicki Rizki Ayu, Dede Lilis Chaerowati

Abstract


Abstract. In modern times, people use the internet as a place to communicate, exchange information, find information or even make information. Includes information on Products in the form of Reviews, such as on Instagram Femaledailynetwork. Femaledailynetwork Instagram contains lots of information about skincare, makeup, and tips. Because the needs of women to use products make them rely heavily on reviews as a reference before buying products. Online Customer Review is a matter that greatly affects consumers' perceptions of products both positive and negative reviews and to the extent that reviews will lead to buying interest in a product because in Online Customer Review there is a dimension that can be linked to buying interest. This study uses Computer Mediated Communication Theory (CMC) with the aim of knowing how the relationship between reviews and consumer buying interest, connects the Review Review dimensions with aspects of Purchase Interest, using Quantitative research methods with a correlational approach that links two variables. The population in this study were Likers from Instagram uploads Femaledailynetwork on "pepsodent bamboo toothbrushes" using systematic random sampling to determine samples with the Slovin formula of 10% with data collection techniques through the Questionnaire Method, observation, and literature study . There are conclusions as follows namely There is a significant relationship between the Review in the Femaledailynetwork Instagram posting with buying interest.

Keywords: Review, Instagram, media sosial, Femaledailynetwork, Buying Interest.


Abstrak. Di zaman modern ini orang-orang memanfaatkan internet sebagai wadah untuk berkomunikasi, bertukar informasi, mencari informasi atau bahkan membuat sebuah informasi. Termasuk informasi mengenai Produk Berupa Ulasan (Review) seperti pada Instagram Femaledailynetwork. Instagram Femaledailynetwork berisikan banyak sekali informasi tentang skincare, Makeup, dan tips. Karena kebutuhan Perempuan menggunakan produk membuat mereka sangat mengandalkan Ulasan (Review) sebagai acuan sebelum membeli produk. Online Customer Review merupakan hal yang sangat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk baik itu ulasan positif maupun ulasan negatif dan seberpa jauh ulasan akan menimbulkan minat beli pada suatu produk karena dalam Online customer Review terdapat dimensi yang dapat dihubungkan dengan Minat membeli. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Mediasi Komputer  (Computer Mediated Communication theory) dengan tujuan mengatahui bagaimana hubungan antara ulasan (Review) dengan minat Beli Konsumen, menghubungkan antara dimensi ulasan (Review) dengan aspek-aspek Minat Beli, dengan Menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan pedekatan Korelasional yang menghubungkan dua variabel. Populasi pada penelitian ini adalah Penyuka (Likers) dari unggahan foto Instagram Femaledailynetwork tentang “sikat gigi bambu pepsodent†menggunakan pengambilan sampel acak sistematis (systematic random sampling) dengan Interval per 10 orang dan untuk menentukan sampel dengan rumus Slovin sebanyak 10% dengan teknik pengumpulan data melalui Metode Angket (kuisioner), Observasi, dan studi kepustakaan. Terdapat kesimpulkan sebagai berikut yakni Terdapat hubungan yang signifikan antara Review dalam Postingingan instagram Femaledailynetwork dengan minat beli.

Kata Kunci: Ulasan  (Review), Instagram, media sosial, Femaledailynetwork, Minat Beli.


Keywords


Ulasan (Review), Instagram, media sosial, Femaledailynetwork, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Ardianti, A. N. W. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Arista, L., & Lasmana, H. (2019). PENGARUH REVIEW OLEH SARAH AYU PADA PRODUK KECANTIKAN DI YOUTUBE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK. Scriptura. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.26-34

Chaerowati D. L., Yuliati, N., & Rochim, M. (2014). Mengusung Masyarakat Madani melalui RCh, D. L., Yuliati, N. and Rochim, M. (2014) ‘Mengusung Masyarakat Madani melalui Radio Komunitas’, 29(2), pp. 145–154.adio Komunitas. 29(2), 145–154.

Febiana, D. (2014). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Bikerâs Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 84966.

Septi Nur Megawat, N. (2018). Pengaruh Online Customer Review Dan OnlineCustomer Rating Terhadap Minat Pembelian Pada OnlineShop (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada PadaMahasiswa Feb Unila). Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23157

Flag Counter   Â