Pengaruh Komunikasi Pemasaran “Bakar Uang†di Bukalapak terhadap Minat Beli Pelanggan

Adhitya Fajar Fikrillah, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. With the development of technology and the number of online shopping (e-commerce) companies in Indonesia, it encourages companies to compete to attract potential consumers and generate buying interest, through various ways, one of which is by holding promotions. Research purposes (1) To find out whether there is an effect of an informative sales promotion at Bukalapak on customer buying interest. (2) To find out whether there is an effect of persuasive sales promotions at Bukalapak on customer buying interest. (3) To find out whether there is an effect of reminding sales promotions at Bukalapak on customer buying interest. The theory used in this research is marketing communication theory, sales promotion theory and buying interest theory. The research methodology used in this study is simple regression. The population is 141 people. The sample used probability sampling totaling 42 respondents. The data collection technique was carried out through a questionnaire distributed online. Test the prerequisite of analysis with the classic assumption test. The results of this study indicate that: (1) the informartive facor has no influence on buying interest in Bukalapak, (2) the persuasive factor has influence on buying interest in Bukalapak, and (3) the reminding factor has no influence on buying interest in Bukalapak

Keyword: Promotion, “Money Burningâ€, Purchase Interest.


Abstrak. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan banyaknya perusahaan belanja online (e-commerce) yang terdapat di Indonesia, mendorong perusahaan bersaing menarik calon konsumen dan menimbulkan minat beli, melalui berbagai cara salah satunya dengan mengadakan promosi. Tujuan Penelitian. (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan yang bersifat informatif di Bukalapak terhadap minat beli pelanggan. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan yang bersifat persuasif di Bukalapak Terhadap minat beli pelanggan. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan yang bersifat mengingatkan di Bukalapak terhadap minat beli pelanggan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi pemsaran, teori promosi penjualan dan teori minat beli. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Populasi berjumlah 141 orang. Sampel menggunakan probability sampling berjumlah 42 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang disebarkan online. Uji prasyarat analisis dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) faktor informative tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Bukalapak, (2) faktor persuasive memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Bukalapak, dan (3) faktor reminding tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Bukalapak.

Kata Kunci: Promosi, “Bakar Uangâ€, Minat Beli.

Keywords


Promosi, “Bakar Uang”, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. In A. Ferdinand, Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi (p. 129). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller, K. &. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung:Rafika Aditama

Swastha, B. (1984). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta : LIBERTY YOGYAKARTA.

Tjiptono Fandy, G. C. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22867

Flag Counter   Â