Hubungan antara Daya Tarik Iklan Traveloka dengan Minat Beli Konsumen

Regita Amelia Fajrin, Endri Listiani

Abstract


Abstract. Traveloka is a company that sells a variety of tickets online including transportation, hotels and most recently recreational tickets called the Xperience feature, which are sold through a website and online application to be practical, fast when making transactions and no need to queue. This Xperience feature is intended for millennials who love entertainment. Traveloka carries an element of humor in the #XperienceMore advertisement so that the viewing audience is not bored and builds a positive mood for those who see it. Based on this phenomenon, this study aims to determine the relationship between the humorous attractiveness of Traveloka advertisements and consumer buying interest. The method used in this research is a quantitative method with a correlational approach. And the data collection techniques used in this study were questionnaires and literature study. The population in this study was 323,255 which is the number of students in the city of Bandung. Using the Slovin formula, the total sample size was 100 respondents. The sampling technique used in this study is probability sampling using simple random sampling. The data analysis technique used in this study is an inferential analysis technique. The result of this research is that there is a relationship between the humorous attractiveness of Traveloka advertisements and consumer buying interest.

Keywords: The appeal of humor, buying interest, Selective Influence Theory and Traveloka Advertisement #Xperiencemore’s version.


Abstrak. Traveloka merupakan sebuah perusahaan yang menjual berbagai tiket secara online diantaranya transportasi, hotel  dan yang terbaru ialah tiket rekreasi yang dinamakan fitur Xperience yang dijual melalui sebuah website dan aplikasi secara online agar praktis, cepat saat melakukan transaksi dan tidak perlu mengantri. Fitur Xperience ini diperuntukan untuk kaum millenial yang senang dengan hiburan. Traveloka mengusung unsur daya tarik humor dalam iklan #XperienceMore agar audiens yang melihat tidak bosan dan membangun mood positif bagi yang melihat. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya tarik humor iklan Traveloka dengan minat beli konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 323.255 yang merupakan jumlah mahasiswa Kota Bandung, dengan menggunakan rumus Slovin maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis inferensial. Hasil pada penelitian ini ialah terdapat hubungan antara daya tarik humor iklan Traveloka dengan minat beli konsumen.

Kata Kunci: Daya Tarik Humor, Minat Beli, Teori Selective Influence dan Iklan Traveloka Versi #Xperiencemore.

Keywords


Daya Tarik Humor, Minat Beli, Teori Selective Influence dan Iklan Traveloka Versi #Xperiencemore.

Full Text:

PDF

References


A.A.Jacob,S.L.H.V.J.Lapian, Y.Mandagie. 2018. “Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb,†Jurnal EMBA Vol.6 No.2 April 2018, Hal. 990.

Aptaguna, A., Pitaloka, E. 2016 “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek†Widyakala Vol.3 Maret 2016 (hal. 52)

Darmawan, Ferry. 2018. “Modalitas Visual Komunikasi Politik Iklan Pilkada Kota Bandung 2018,†Mediator: Jurnal Komunikasi, Vol 11 (1), Juni 2018, Hal 57-58.

Enterprise, Jubilee. 2015. Membuat VideoTutorial Menggunakan Camtasia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Febrianto, Silvia. 2015. “Pengaruh Penggunaan Humor Dalam Iklan Terhadap Brand Recognition,†Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Fitriah, Maria. 2018, Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikas: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22832

Flag Counter   Â