Strategi Promosi Kerajinan Lokal Melalui Instagram. Local Crafts Promotion Strategy Through Instagram.
Abstract
Keywords: Culture, Modernization, Dekranasda West Java
Â
Â
Abstrak. Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki berbagai macam seni budaya yang harus terus dilestarikan oleh masyarakatya. Kerajinan di Jawa Barat memiliki berbagai macam dan jenisnya. Jawa Barat yang terdiri dari 9 Kota dan 18 Kabupaten menjadi daerah yang memiliki berbagai kerajinan yang dapat diunggulkan hingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kerajinan ini bahkan dapat bersaing di kancah dunia bukan hanya di dalam negeri. Dari banyaknya potensi kebudayaan seni yang termasuk kerajinan di jawbarat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat hadir untuk membatu melestarikan dan mengembangkan bahkan mensosialisasikan potensi yang dimiliki masyarakat dalam membuat kerjainan tangan. Dekranasda Jawa Barat berusaha meningkatan perekonomian pengrajin dari kerajinan tangan yang mereka ciptakan menjadi nilai jual yang tinggi, dengan cara mempromosikan hasil kerajinan tangan melalui sosial media Instagram melalui akun @jabardekranasda sebagai media promosi mengenai kerajinan lokal khas Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penyampaian pesan informasi, edukasi dan promosi yang dilakukan Dekranasda Jawa Barat melalui penggunaan media sosial Instagram @jabardekranasda, untuk mengetahun bagaimana hambatan yang dihadapi Dekransda Jawa Barat dalam penggunaan instagram digunakan sebagai media promosi kerajinan lokal khas Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini meneliti fenomena kontemporer yang dikaji secara mendalam mengenai strategi promosi melalui media sosial Instagram. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu dalam proses menyampaikan promosi melalui instagram @jabardekranasda, alasan Dekranasda Jawa Barat melakukan promosi di media sosial Instagram yaitu dikarenakan Instagram menjadi media sosial yang lebih trnading dan fleksibel. Proses penyampaian promosi yaitu dengan cara mempersiapkan postingan dan mementukan timing postingan. Hambatan yang dihadapi oleh akun Instagram @jabardekranasda dalam menyampaikan promosi yaitu Kurangnya interaksi dengan konsumen dan Kurangnya pengetahuan online marketing dari produsen Kerajinan Lokal.Kata Kunci : kerajinan, Instagram, @jabardekranasda
ÂÂ
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung: CV Armico F Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Denzim, Norman K., and Lincoln, Yvonna S. 1994. Handbook of qualitative research. Thousand Oaks, London, New Delhi: Sage
Kotler, Philip dan Keller, 207, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT Indeks, Jakarta
M.Fitrah, Luthfiyah F. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi. Penerbit CV Jejak.
Rossiter, John R, Larry Percy. 1998. Advertising Communication and Promotion Management. Singapura:McGraw-Hill
.
¬
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22735
  Â