Strategi Promosi melalui Konten Instagram UNKL347

Hanifa Khairunnisa, Anne Maryani

Abstract


Abstract. Promotion is one of the important things to do in building a company. Where the promotion function is to influence consumers to buy products from the company. In today's promotion can be done online by being used as an activity to market a product or service that is packaged in digital form. The nature of this online promotion is more effective compared to the promotion directly because online promotion is easier to attract consumers' interest in making purchases of the products offered. One clothing company that promotes through online media is UNKL347. Promotion conducted by UNKL347 is by promoting on Instagram social media through content uploaded by the UNKL347 Instagram account. The purpose of this study are: (1) To find out the form of promotions carried out through UNKL347 Instagram Content; (2) To find out the steps taken by UNKL347 in forming a promotion strategy; (3) To find out the reason for the promotion carried out by UNKL347 through Instagram Content. And the type of research used in this study uses qualitative research using a case study approach. With data techniques using interviews, documentation, and literature studies. The results of this study indicate that the form of promotion strategy undertaken by UNKL347 is through Instagram content by relying on content that contains the background of UNKL347 where this content shows the hobby of the owners of UNKL347 and how UNKL347 can be formed. The reason for doing promotional strategies through Instagram content is because Instagram is a portal to open the world door so UNKL347 relies on Instagram social media as a promotional media.

Keywords. Online promotion, Instagram, UNKL347.


Abstrak. Promosi merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam membangun suatu perusahaan. Dimana fungsi promosi ialah untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk dari perusahaan. Di jaman sekarang promosi dapat dilakukan secara online dengan dijadikan sebagai aktifitas memasarkan suatu produk atau jasa yang dikemas dalam bentuk digital. Sifat dari promosi online ini lebih efektif dibandungkan dengan promosi secara langsung karena promosi online lebih mudah menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu clothing company yang melakukan promosi melalui media online yaitu UNKL347. Promosi yang dilakukan UNKL347 adalah dengan melakukan promosi di media sosial Instagram melalui konten yang diunggah oleh akun Instagram UNKL347. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bentuk promosi yang dilakukan melalui Konten Instagram UNKL347; (2) Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan UNKL347 dalam membentuk strategi promosi; (3) Untuk mengetahui alasan promosi tersebut dilakukan oleh UNKL347 melalui Konten Instagram. Dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan teknik datanya  menggunakan wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk dari strategi promosi yang dilakukan oleh UNKL347 yaitu melalui konten Instagram dengan mengandalkan konten yang berisikan latar belakang UNKL347 dimana konten ini memperlihatkan kegemaran dari para owner UNKL347 dan bagaimana UNKL347 dapat terbentuk. Alasan dilakukannya strategi promosi melalui konten instagram yaitu karena instagram merupakan portal untuk membuka pintu dunia sehingga UNKL347 mengandalkan media sosial instagram sebagai media promosi.

Kata Kunci. Promosi online, Instagram, Unkl347.


Keywords


Promosi online, Instagram, Unkl347.

Full Text:

PDF

References


BasuSwastha, DH dan Irawan. 2005. ManajemenPemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Basu, Swastha DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset.

Creswell, John. W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. London: Pearson Education Inc.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, PublicRelation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis KasusIntegrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia PustakaUtama.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran. Edisi ke-3.Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi ke-4. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22731

Flag Counter   Â