Hubungan Promosi Penjualan Produk Personal Care dengan Keputusan Pembelian Followers

Isma Dewi Rahmasari, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract: The Guardian Health and Beauty store is a modern form of drugstore that sells health and beauty products. So far, Guardian has done a lot of sales promotions marketed through social media, namely Instagram. Sales promotions that have been carried out by Guardian Stores as a promotion strategy are various. The purpose of this study was to determine the relationship between sales promotions conducted by Guardian through Instagram, namely price discounts, bonus packs, and contests with purchase decisions. The method used in this research is quantitative method. The research approach used was correlational with the questionnaire method. The population in this study are active Instagram followers or followers. In this study the sampling technique uses simple random sampling. From calculations using the Slovin formula, the number of samples to be taken in this study were 100 respondents. Data is processed using a Likert scale. Data analysis was performed using computer assistance through the SPSS version 24 program by entering the Pearson formula. The results of this study indicate that sales promotions conducted by @guardian_id through price discounts, bonus packs, and contests have a positive and significant relationship with purchasing decisions. The relationship between sales promotion variables and purchasing decisions has a strong relationship. Then the relationship between the three variables, namely price discount, bonus pack, and contest, including the moderate relationship.

Keywords: Sales Promotion, Bonus Pack, Contest, Price Discount, Purchase Decision.

 

Abstrak: Toko Guardian Health and Beauty merupakan bentuk drugstore modern yang menjual produk-produk kesehatan dan kecantikan. Selama ini Guardian telah banyak melakukan promosi penjualan yang dipasarkan melalui media sosial yaitu Instagram. Promosi penjualan yang selama ini telah dilakukan oleh Toko Guardian sebagai strategi promosi sangat berbagai macam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara promosi penjualan yang dilakukan oleh Guardian melalui Instagram yaitu price discount, bonus pack, dan contest dengan keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa korelasional dengan metode kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau followers (pengikut) aktif akun Instagram Guardian. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling (sampel acak sederhana). Dari perhitungan menggunakan rumus Slovin maka jumlah sampel yang harus diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data diolah menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan memanfaatkan bantuan komputer melalui program SPSS versi 24 dengan memasukan rumus pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa promosi penjualan yang dilakukan oleh @guardian_id melalui price discount, bonus pack, dan contest memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian. Hubungan antara variabel promosi penjualan dengan keputusan pembelian memiliki hubungan kuat. Lalu hubungan diantara ketiga variabel tersebut yaitu price discount, bonus pack, dan contest termasuk pada hubungan sedang.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Bonus Pack, Contest, Price Discount, Keputusan Pembelian

Keywords


Promosi Penjualan, Bonus Pack, Contest, Price Discount, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketng Management. Global Edtion, Publishing as Prentice Hall.

Rakhmat, Jalaluddin., & Ibrahim, Idi Subandy. 2016. Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rumyeni & Evawani. 2015. Komunikasi Pemasaran. Pekanbaru: UR Press Pekanbaru.

Lestari, Sri Isfantin Puji. 2018. “Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carrefour Surakartaâ€. Dalam Jurnal Maksipreneur. STIE Wijaya Mulya Surakarta. Volume 7, No.2, Tahun 2018.

Rahmattia, Denina. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Warung Salseâ€. Dalam Jurnal Prosiding Manajemen Komunikasi. Universitas Islam Bandung. Volume 4, No.1, Tahun 2018.

Ratnasari, Anne, Yusuf Hamdan, dan Aan Julia. “Promosi Penjualan Produk Melalui Instagramâ€. Dalam Jurnal Komunikasi. Universitas Islam Bandung. Volume 2, No. 2, Tahun 2017.

Ratnasari, Anne, Yusuf Hamdan, Aning Sofyan. “Promosi Bisnis Dalam Membangun Hubungan Dengan Konsumenâ€. Dalam Prosiding SnaPP2016 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Universitas Islam Bandung. Volume 6, No. 1, Tahun 2016.

Setiyowati, Yenita. 2016. “Pengaruh Alat Promosi Penjualan dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian HP Merek Samsung di Surabaya.†Dalam Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas. Tahun 2016.

https://www.gotomalls.com/malls//istana-plaza/stores. Tanggal akses 23 Juni 2020, pk. 09.50 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22610

Flag Counter   Â