Promosi Kuliner Bandung Melalui Instagram @Dunia_kulinerbdg

rashinta hanindya, O. Hasbiansyah

Abstract


Akun instagram @dunia_kulinerbdg merupakan akun instagram khusus yang membahas serta mempromosikan kuliner Bandung, sejak akhir tahun 2013 hingga sekarang. Dibuktikan oleh dunia kuliner Bandung bahwa kreatif dalam memanfaatkan instagram dilengkapi keterampilan dalam memilih dan mengolah foto, dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Proses promosi, bentuk kerjasama dengan para pengusaha kuliner terkait, dan pemilihan instagram sebagai media promosi menjadi hal-hal yang menarik perhatian penulis. Melalui observasi dan wawancara langsung didapatkan bahwa dunia kuliner Bandung melakukan promosi dengan melewati beberapa tahap yaitu pemilihan media, menciptakan daya tarik melalui foto, memperhatikan frekuensi kegiatan, memperhatikan isi pesan, serta memperhatikan respon yang masuk. Terdapat dua jenis kerjasama promosi antara dunia kuliner Bandung dengan pengusaha kuliner terkait, yaitu paid promote dan free promote. Media yang dipilih dunia kuliner Bandung yaitu instagram karena dinilai sebagai media yang bagus untuk melakukan publikasi dan promosi melalui gambar/foto.

Keywords


Promosi, instagram, @dunia_kulinerbdg

References


Alon, Ilan and Eugene Jaffe. 2013. Global Marketing (Contemporary Theory, Practics, and Cases). New York : The McGraw-Hill Companies Inc.

Diamond, Stephanie. 2015. The Visual Marketing Revolution. Jakarta : Serambi.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.

Maryani, Anne dan Dadi Ahmadi. 2011. Komunikasi Virtual (Teori dan Praktek). Bandung : Ihsan Press.

Hanson, Ward. 2000. Pemasaran Internet. Jakarta : Salemba Empat.

Soemanegara. 2006. Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2131

Flag Counter   Â