Event Launching SS19 sebagai Strategi Pemasaran NIION

Fahmi Febrian, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. The #TransparanMeTransparanYou event is one of the marketing strategies carried out by PT. Niion Indonesia Utama. This event was held at The Parlor Bandung on February 24, 2019. The event was the first launching event conducted by Niion. besides, the event aims to branding a new product called see-through collection. This research focuses on the #TransparanMeTransparanYou event as Niion's marketing strategy in branding the see-through collection product. The purpose of this study was to find out how the #TransparanMeTransparanYou event was conducted, the evaluation conducted by Niion, and the reason why Niion chose the #TransparanMeTransparanYou event as a marketing strategy on branding new products see-through collection. The method used in this study is uses qualitative methods with a case study approach. Data collection techniques carried out in this study used interviews, observation, documentation, and library studies. The results showed that the marketing strategy for branding new products carried out by NIION was quite effective using events. The process of implementing #TransparanMeTransparanYou event was successful in branding its new product so that the evaluation of the event was not so much. NIION successfully selected the event as a marketing strategy for branding new products.

Keyword: event, marketing strategy, branding

 

Abstrak. Event #TransparanMeTransparanYou merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Niion Indonesia Utama yang dilaksanakan di The Parlor Bandung pada tanggal 24 Februari 2019. event tersebut merupakan event launching pertama yang dilakukan oleh Niion. selain itu, event tersebut bertujuan untuk mem-branding produk baru yang bernama see-trough collection. Penelitian ini difokuskan pada event #TransparanMeTransparanYou sebagai strategi pemasaran Niion dalam mem-branding produk see-trough collection. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan event #TransparanMeTransparanYou, serta evaluasi yang dilakukan oleh Niion, dan alasan mengapa Niion memilih event #TransparanMeTransparanYou sebagai strategi pemasaran dalam mem-branding produk baru see-trough collection. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran untuk mem-branding produk baru yang dilakukan oleh NIION cukup efektif dengan menggunakan event. Proses pelaksanaan event #TransparanMeTransparanYou sukses untuk mem-branding produk barunya sehingga evaluasi dari event tersebut tidak begitu banyak. NIION berhasil memilih event sebagai strategi pemasaran untuk mem-branding produk baru.

Kata kunci: Event, strategi pemasaran, branding.


Keywords


Event, strategi pemasaran, branding.

Full Text:

PDF

References


AG Eka, Wenats,. dkk. 2012. Success Story Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Armstrong, Gary & Philip, Kotler. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Arikunto,Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu Swastha, DH dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Belch, Michael A., Belch, George. 2003. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Edisi. 6. McGraw Hill/Irwin.

Chandra Gregorius, Fandy Tjiptono. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi. 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Fitrah, M. Luthfiyah. 2017. Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gelder, S.V. 2005. Global brand strategy. London: Kogan Page

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irawan, Swastha Basu. 1983. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Mulyana, Deddy. 2003. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Noor, Any. 2013. Manajemen event. Edisi. Revisi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: CV. Alfabeta.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

JURNAL:

Tjahyono, Novilia. Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya dalam Membangun Brand Awareness melalui event Earth Hour 2013. dalam Jurnal E-Komunikasi, vol. 2, No. 1 tahun 2014.

SKRIPSI

Ikhsan, Muhammad. 2017. Strategi Marketing Communication melalui event dalam Meningkatkan Brand Image Harian Amanah. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Purwanto, Andi. 2010. Strategi Pemasaran event “cinta pertamaxâ€pada PT. P-Communication. Bandung: Universitas Widyatama Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21002

Flag Counter   Â