Hubungan antara Kualitas Produk dengan Minat Beli Ulang Konsumen

Ikhsan Mahendra, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. The government must be able to issue policies so that local products have added value so they can compete in the free trade area of Southeast Asia. the quality of national products is still inferior to foreign products. Hampered improvement in product quality also occurs because the government has not been able to roll out policies that are able to encourage product quality improvement. PT. NIION Indonesia Utama, also known as "NIION" is a local brand company that manufactures bags with various models in the city of Bandung, West Java. Consumer repurchase interest is a valuable asset for the company, so that the company can win the competition the company must increase consumer repurchase interest. The purpose of this study is to determine the relationship between product quality consisting of design quality, delivery quality, and relationship quality with consumer repurchase interest as the dependent variable, this study uses the AIDA theory. The method used is the correlational method using data collection techniques such as questionnaires. The population in the sampling used is probability sampling using simple random sampling. The results of this study are that there is a relationship between product quality and consumer repurchase interest with the correlation coefficient included in the moderate level of the relationship.

Keywords: Product Quality, NIION, Consumer Repurchase Interest, COMPANIION

 

Abstrak. Pemerintah harus mampu mengeluarkan kebijakan agar produk lokal mempunyai nilai tambah sehingga mampu bersaing dikancah perdagangan bebas kawasan Asia Tenggara. kualitas produk nasional masih kalah dengan produk asing. Terhambatnya peningkatan kualitas produk juga terjadi karena pemerintah belum bisa menggulirkan kebijakan yang mampu mendorong peningkatan kualitas produk. PT. NIION Indonesia Utama atau yang dikenal dengan sebutan “NIION†adalah suatu perusahaan local brand yang memproduksi tas dengan berbagai macam model yang berada di kota Bandung, Jawa Barat. Minat beli ulang konsumen merupakan aset berharga bagi perusahaan, agar perusahaan dapat memenangkan persaingan maka perusahaan harus meningkatkan minat beli ulang konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk yang terdiri dari design quality, delivery quality, dan relationship quality dengan minat beli ulang konsumen sebagai variabel terikat, penelitian ini menggunakan teori AIDA. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penarikan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan minat beli ulang konsumen dengan koefisien korelasi yang termasuk kepada tingkat hubungan yang sedang.

Kata Kunci: Kualitas Produk, NIION, Minat Beli Ulang Konsumen, COMPANIION


Keywords


Kualitas Produk, NIION, Minat Beli Ulang Konsumen, COMPANIION

Full Text:

PDF

References


AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta

Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hasan, Ali 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta: CAPS

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

________. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Prisgunanto, Ilham. 2017. Aplikasi Teori dalam Sistem Komunikasi di Indonesia. Jakarta: KENCANA

Rosyad, Udung Noor. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar.†Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 27, no. : 2 (2011): 213-224

Achmad Safrizal Yafie, Suharyono, Yusri Abdillah (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 35 No. 2 Juni

Ratnasari, Anne. 2016. “Promosi Dalam Membangun Hubungan Dengan Konsumenâ€, dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKMSosial, Ekonomi dan Humaniora, Universitas Islam Bandung, Bandung, 26 Oktober 2016 (hal. 558-564)

Marchelyno Sundalangi. 2014. Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas SamRatulangi Manado Maret 2014, http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba, ISSN 2303-1174. Vol.2 No.1, Diakses 10 januari 2020. Hal 313-324.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20996

Flag Counter   Â