Strategi Promosi pada Produk Online Shop Fankle Apparel

Dekiansyah Dekiansyah, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan mengenai maraknya penggunaan jasa selebrity instagram belakangan ini yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis, khususnya yang menggunakan online shop. Dan ditinjau dari strategi promosi dan advertising yang digunakan dalam mempromosikan produknya. Penggunaan media sosial dalam mempromosikan barang yang akan dipasarkan membutuhkan faktor pendukung agar produk yang dijual tersebut sampai pada calon konsumen. Para konsumen yang menginginkan suatu barang atau jasa kini bisa lebih menghemat waktu dan tenaga nya, dan juga kebutuhan mereka bisa terpenuhi dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dalam mengetahui keefektifan menggunakan strategi promosi dan advertising yang digunakan, syarat seorang selebrity instagram, dan kepercayaan konsumen terhadap penggunaan selebrity instagram dalam menjual produk, yang sedang marak belakangan ini, dalam penjualan kaos EDM pada akun Fankle Apparel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena ingin mendeskripsikan masalah mengenai selebrity instagram dalam mempromosikan suatu barang, dengan menggunakan teori promotuion mix. Penelitian ini melibatkan penggunaan media social yang mendukung hal tersebut juga sangat berpengaruh dalam kesuksesan sebuah akun penjual barang, karena sifatnya yang serentak, fleksibel, dan praktis, memudahkan para pelaku bisnis online shop dalam memasarkan barang nya. Selebrity instagram lebih efisien dan berhasil dalam mempromosikan produknya. Syarat yang ditentukan oleh pemilik usahat dalam memilih seorang selebgram cukup efisien. Selebgram yang terpilih berdasarkan kecocokan dari selebgram tersebut dengan tema dari produk tersebut.

 


This research is motivated by problems regarding the rise of the use of Instagram celebrity services lately which are widely used by business people, especially those who use online shops. And in terms of promotion and advertising strategies used in promoting their products. The use of social media in promoting goods to be marketed requires supporting factors so that the products sold reach potential consumers. Consumers who want an item or service can now save more time and effort, and also their needs can be met easily. The purpose of this study is to obtain data on knowing the effectiveness of using promotional and advertising strategies used, the requirements of a celebrity celebrity, and consumer confidence in the use of celebrity Instagram in selling products, which are on the rise lately, in selling EDM t-shirts on the Fankle Apparel account. This research is a descriptive study using descriptive qualitative research methods because it wants to describe the problem of celebrity Instagram in promoting an item, using the promotuion mix theory. This research involves the use of social media that supports it also very influential in the success of an item seller's account, because it is simultaneous, flexible, and practical, making it easy for online shop businesses to market their goods. Celebrity Instagram is more efficient and successful in promoting its products. Terms determined by the owner of the business in choosing a celebrity are quite efficient. Selebgram selected based on the suitability of the selebgram with the theme of the product.


Keywords


advertising, promosi penjualan, fankle apparel, selebrity instagram.

Full Text:

PDF

References


Anarwati L. 2016. Citra diri ditinjau dari Intensitas Penggunaan Media jejaring sosial Instagran pada siswa Kelas XI SMAN9 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3 Tahun Ke-5.

Bulaeng AR. 2000. Komunikasi Pemasaran. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Jakarta

Delozier, Wayne M.1976. The Marketing Communication Process. Tokyo. Mc Graw- Hill Kogakusha, Ltd.

Effendy. 2003. Ilmu,Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung. PT Citra Aditya Bakti.

Fandy Tjiptono (2001) . Strategi Pemasaran Yogyakarta. CV Andi Offset.

Farela D., Darma G.S. Celebrity Endoser, Daya Tarik Iklan, Brand Awarness Dan

Brand Attitude. .Jurnal Manajemen dan Bisnis. 11,1.

Ruslan, 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20703

Flag Counter   Â