Hubungan Kredibilitas dan Otentisitas Komunikator dengan Motivasi Belajar Mahasiswa

Muhammad Hanif Fanzani, Yulianti Yulianti

Abstract


Abstract.Communication is important and inseparable for human life, known as social beings. By communicating we can express feelings, thoughts, or others to the opponent communication or commonly called a communicant. A laboratory assistant must be able to create effective communication Communication is also applied in the campus environment, especially in the Graphic laboratory between lab assistants (communicators) and students (communicants ) also material (message). The researcher wants to know the credibility and authenticity of Graphic laboratory assistants with students' learning motivation, because credibility and authenticity are two important elements in the process of practicum. The credibility variable consists of expertise, experience, rationale, conviction. While indicators of the authenticity variable are congruence, full disclosure, responsiveness, personhood. This study uses a quantitative method of Correlation study with data collection techniques such as questionnaires and literature with data analysis techniques using a Likert scale. By using a random sampling technique, there were 81 research samples from FIKOM Bandung Islamic University. The results of the conclusions according to the questionnaire data answered by respondents were that the credibility and authenticity of the Graphic Lab Assistant Graphic Lab assistant with learning motivation in accordance with the results of more than 87%. The results of this study indicate that expertise in the Graphic lab assistant has a high relationship with student motivation. While 7 other variables have a significant relationship with student motivation.

Keywords: Learning Motivation, Communication, credibility, authenticity

 

Abstrak.Komunikasi adalah hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan bagi kehidupan manusia yang dikenal sebagai makhluk sosial. Dengan berkomunikasi kita dapat mengungkapkan perasaan, pikiran, atau yang lainnya kepada lawan komunkasi atau biasa disebut komunikan.Seorang asisten laboratorium harus bisa menciptakan komunikasi yang efektif Komunikasi pun juga diterapkan dalam lingkungan kampus terutama di laboratorium Grafis antara asisten lab (komunikator) dan mahasiswa (komunikan) juga materi (pesan). peneliti ingin mengetahui Kredibilitas dan Otentisitas asisten laboratorium Grafis dengan motivasi belajar mahasiswa, karena kredibilitas dan Otentisitas sebagai 2 unsur yang penting dalam proses berjalannya praktikum. Variabel kredibilitas terdiri dari expertise, experience, rationale, conviction. Sedangkan indikator dari variabel otentisitas adalah congruence, full disclosure, responsiveness, personhood.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif studi Korelasi dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan kepustakaan dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Dengan menggunakan teknik random sampling, sampel penelitian sebanyak 81 mahasiswa FIKOM Universitas Islam Bandung. Hasil kesimpulan sesuai data kuesioner yang dijawab oleh responden adalah bahwa kredibilitas dan otentisitas Asisten lab Grafis Asisten lab Grafis dengan motivasi belajar  sesuai dengan hasil lebih dari 87%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  expertise pada asisten lab Grafis memiliki hubungan yang tinggi dengan motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan 7 variabel lainnya memilik hubungan yang cukup berarti dengan motivasi belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Komunikasi, krediblitas, otentisitas


Keywords


Motivasi Belajar, Komunikasi, krediblitas, otentisitas

Full Text:

PDF

References


Mulyana,Deddy.2011, Ilmu Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nashar , H, 2004 Peranan Motivasi Kemampuan Awal dalam kegiatan pembelajaran,Cet 2, Delia Press, Jakarta

Rakhmat, Jalaludin 2012. Psikologi Komunikasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Gofur, Abdul. 2013 “Kredibilitas Dan Otentisitas Guru Kewirausahaan Terhadap Karakter Kewirausahaan Siswa Smk Negeri Di Surabayaâ€, dalam jurnal Ekonomi Pendidikan Vol. 1(39-52)

Brookfield, Stephen. D . 2006. The Skillfull Teacher On Technique, Trsut, And Responsiveness In The Classroom, San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Print




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19960

Flag Counter   Â