Hubungan antara Program Acara Extreme Moshpit di OZ Radio Bandung dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mengenai Musik Extreme

Rizky Aprianto Kurnia, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. Radio has an important role in providing information to the public. Radio is one of the electronic media which is considered as the easiest media in providing information. Even though there are a lot of new media, the existence of radio still remains strong among the people. One of the factors that influence the community in meeting the need for information is the emergence of various broadcast programs in radio stations such as Oz Radio Bandung. Oz Radio Bandung is one of the radio stations that broadcast extreme music programs, Extreme Moshpit. This program has different characteristics from other radio programs. This program can be said to be a pioneer for other radios that broadcast programs by raising underground or extreme music as their broadcast concept. In general, the purpose of this study is to determine whether there is a relationship between Extreme Moshpit programs on Oz Radio Bandung and fulfillment the information needs of listeners about extreme music. This research uses a quantitative method with a correlational approach. The theory used in this research is the uses and gratifications theory. The sampling technique used in this study is the total sampling technique, where the respondents in this study are the Metalhead Community of Bandung which is active to date, amounting to 50 people. Overall results in this study indicate that there is a significant and very strong relationship between Extreme Moshpit programs on Oz Radio Bandung and fulfillment the information needs of listeners about extreme music.

Keywords: Radio Program, Mass Communication, Fulfillment of Information Needs

Abstrak. Radio memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada khalayak. Radio merupakan salah satu media elektronik yang dianggap sebagai media yang paling mudah dalam memberikan informasi. Meskipun banyak media-media baru, eksistensi radio masih tetap kuat di kalangan masyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan informasi adalah munculnya beragam program siaran dalam stasiun radio seperti di Oz Radio Bandung. Oz Radio Bandung merupakan salah satu stasiun radio yang menyiarkan program acara musik extreme yaitu Extreme Moshpit. Program acara ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan program di radio lainnya. Program ini dapat dikatakan pionir untuk radio-radio lain yang menyiarkan program dengan mengangkat musik-musik underground atau extreme sebagai konsep siarannya. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara program acara Extreme Moshpit di Oz Radio Bandung dengan pemenuhan kebutuhan informasi pendengar mengenai musik extreme. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling, dimana yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah Komunitas Metalhead Bandung yang aktif hingga saat ini yaitu berjumlah 50 orang. Hasil keseluruhan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan sangat kuat antara program acara Extreme Moshpit di Oz Radio Bandung dengan pemenuhan kebutuhan informasi pendengar mengenai musik extreme.

Kata Kunci: Program Radio, Komunikasi Massa, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Keywords


Program Radio, Komunikasi Massa, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dan Erdinaya. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Morrisan. 2008. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Prasetiyo, Teguh. 2011. Strategi Program Radio Erlangga Bekasi dalam Menghadapi Persaingan Industri Siaran Radio. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siahaan, SM. 1991. Komunikasi Pemahaman dan Penerapan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

“Kesepian, Alasan Terbesar Orang Dengarkan Radioâ€, https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/11/211500826/kesepian-alasan-terbesar-orang-dengarkan-radio-. Tanggal akses 06 Maret 2019, pk. 19.11 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19169

Flag Counter   Â