Hubungan Penggunaan Meme oleh Netflix Indonesia di Twitter dengan Minat Mahasiswa untuk Berlangganan

Affiatu Satiasari, Moch. Rochim

Abstract


Abstract. Digital Marketing in Indonesia is now increasingly rapid use, one of which is on social media. Reporting from the survey conducted by We Are Social, social media users in Indonesia alone are currently around 150 million active users. So from various forms of digital marketing used, some are like social media marketing, and content marketing. In social media marketing it has shifted from being convective to selling, to making connections with potential customers. Therefore, marketers need interesting content and can also create a space of interaction with prospective customers. Netflix Indonesia outsmarted this by using meme on their social media as a link between Netflix and their prospective customers. Netflix uploaded a lot of meme, one of them on their official account on Twitter, namely @NetflixID with a variety of contents, such as movies, prices, and others, also using media such as writing, photos and videos. It is from meme content like this that can increase buying interest, especially on Netflix target costumers, one of whom is a college student. In this study trying to explain the relationship between the use of memes by Netflix Indonesia on Twitter with student interest in subscribing to Netflix. More clearly how content marketing consisting of reader cognition, sharing motivation, and persuasion relates to college students' interest in subscribing to Netflix. The theory used to support the content marketing variable (X) is the theory of digital marketing, while the variable (Y) interest in buying uses the AISAS model. This study uses a correlational approach used in this study to test whether there is a relationship between the two variables. The results of this study indicate that (1) Reader Cognition in meme used has a significant relationship with consumer buying interest, (2) Sharing Motivation in meme used has a high relationship with consumer buying interest, (3) Persuasion in meme used also have a significant relationship with consumer buying interest.

Keywords: Digital Marketing, Content Marketing, Netflix Indonesia, Twitter, Buying Interest

Abstrak.Digital Marketing atau pemasaran digital di Indonesia kini penggunaannya semakin pesat, salah satunya di media sosial. Dilansir dari survey yang dilakukan oleh We Are Social, pengguna media sosial di Indonesia sendiri saat ini sekitar 150juta pengguna aktif. Maka dari berbagai bentuk dari digital marketing digunakan, beberapanya adalah seperti social media marketing, atau pemasaran di media sosial, dan content marketing atau pemasaran konten. Dalam pemasaran di media sosial telah berganti dari sifat tradisional yaitu untuk menjual, menjadi untuk membuat koneksi dengan calon konsumen. Maka dari itu, pemasar memerlukan konten yang menarik dan juga bisa membuat sebuah ruang interaksi dengan calon konsumennya. Netflix Indonesia mengakali hal ini dengan menggunakan meme di media sosial mereka sebagai penyambung antara Netflix dengan calon konsumen mereka. Netflix mengunggah banyak meme salah satunya di akun resmi mereka di Twitter dengan keberagaman isi, seperti film, harga, dan lainnya, juga menggunakan media seperti tulisan,foto, dan video. Dari konten meme seperti inilah yang bisa meningkatkan rasa minat beli terutama pada target sasaran Netflix, yang salah satunya adalah mahasiswa. Dalam penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan antara penggunaan meme oleh Netflix Indonesia di Twitter dengan minat mahasiswa untuk berlangganan Netflix. Lebih jelasnya bagaimana content marketing yang terdiri dari reader cognition, sharing motivation, dan persuasion berhubungan dengan minat mahasiswa untuk berlangganan Netflix. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) content marketing yaitu teori digital marketing, sedangkan variabel (Y) minat beli menggunakan model AISAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara dua variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Reader Cognition dalam meme yang digunakan memiliki hubungan cukup berarti dengan minat beli konsumen, (2) Sharing Motivation dalam meme yang digunakan memiliki hubungan yang tinggi dengan minat beli konsumen, (3) Persuasion dalam meme yang digunakan juga memiliki hubungan cukup berarti dengan minat beli konsumen.

Kata Kunci: Digital Marketing, Content Marketing, Netflix Indonesia, Twitter, Minat Beli

Keywords


Digital Marketing, Content Marketing, Netflix Indonesia, Twitter, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Davidson, Patrick. 2012. The Language of Internet Memes. Dalam The Social Media Reader, ed. Michael Mandiberg. New York & London : New York University Press.

Erdogmus, I. E., & Çiçek, M. 2012. The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Limandono, Johan Ardi dan Dharmayanti, Diah. Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing terhadap Customer Engagement dengan Sosial Media Marketing sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra Volume 5 Nomor 1.

Maryani, Anne. 2014. Komunikasi Dikalangan Perempuan Pebisnis Online. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung Volume 4, No.1

Meilyana, Elizabeth. 2018. “AISAS Modelâ€.http://bbs.binus.ac.id/internationalmarketing/2018/08/aisas-model/ Diakses pada 2 April 2019 pukul 11. 25 WIB

Prasetyo, Herdi dan Rachmawati, Indira. 2016. Analisis AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) Pada Pengguna Asus Zenfone di Indonesia. Fakultas Manajemen Bisnis Telekomnikasi & Informatika Universitas Telkom. Volume 3 No.3

Saveria, Rachel Abigail. 2016. Analisis Digital Marketing dalam Strategi Intergarted Marketing Communication Kampanye Politik. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

“Digital 2019 Indonesia.†https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia Diakses pada 28 Februari 2019 pukul 13.44 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18838

Flag Counter   Â