Abstract
Segala bentuk media sosial yang diakses melalui jaringan internet dengan tujuan menginformasikan akan produk perusahaannya disebut sebagai pemasaran media sosial (social media marketing). Pemasaran media sosial diterapkan oleh perusahaan khususnya e-commerce seperti Lazada Indonesia. Yang mana menggunakan fanpage facebook sebagai media pendukung dalam memasarkan produknya yang ada di website. Walaupun media sosial dikatakan sebagai media yang mampu berinteraksi dengan para konsumennya namun perlu diteliti sejauh mana tujuan yang bisa dijangkau jika dilihat dari daya tarik pesan iklan di fanpage facebook Lazada Indonesia tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara daya tarik pesan iklan secara rasional dan daya tarik pesan iklan secara emosional di fanpage facebook Lazada Indonesia dengan minat beli konsumen dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasional dengan tujuan meneliti sejauhmana hubungan pada satu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain. Kemudian hasil yang didapat dapat menggambarkan hubungan antara iklan di media sosial dengan minat beli konsumen. Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan terdapat hubungan yang positif antara daya tarik pesan iklan secara rasional dan emosional di fanpage facebook Lazada Indonesia dengan minat beli konsumen dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung.
Keywords
Daya Tarik Pesan Iklan, Fanpage Facebook Lazada Indonesia, Minat Beli Konsumen
References
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Jilid 2. Jakarta : Indeks
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu
Morissan, Andy Corry Wardhani dan Farid Hamid. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: PT. Ghalia Indonesia
_______2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Pengantar Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu
Sumarwan. Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wenats, A. dkk. 2012. Integrated Marketing Communications Success Story. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sumber lain
Akhwan, Raihan. 2008. “Pengaruh Daya Tarik Iklan Telkom Flexi Versi “the changcuters†Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Telkom Flexiâ€. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung