Pengaruh Personal Selling PT Mahakarya Sejahtera Indonesia terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Abstract
Abstract. One way that can be used to increase sales is to do personal selling. By using the personal selling method, companies can provide services directly to consumers. Personal selling is a way that can make consumers want to make transactions immediately, so at that time consumers are also expected to make the decision to buy. PT MSI had previously done this personal selling method but because it had not gone well, the results were not optimal, apart from the lack of personal selling knowledge, in reality there were deficiencies such as the inability of sales representatives to take good approaches, including difficulties in overcoming customer complaints so that it does not produce sales transactions or consumers cancel buying. The research method used by the author in this study is quantitative about the influence of PT Mahakarya Sejahtera Indonesia's personal selling on consumer purchasing decisions. Sampling was carried out for 63 respondents. Based on the results of the study, it shows that there is a significant relationship between the influence of PT Mahakarya Sejahtera Indonesia's personal selling on consumer purchasing decisions with a total coefficient value of 0.734.
Keywords: Influence, Personal Selling, the Purchase
Abstrak. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan aktivitas personal selling. Dengan penggunaan personal selling, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang nyata dan langsung kepada konsumennya. Cara ini adalah satu-satunya cara yang dapat menggugah hati pembeli dengan segera, sehingga pada saat itu juga diharapkan konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli. PT MSI sebelumnya juga sudah melakukan aktivitas personal selling tapi karena belum berjalan dengan baik maka hasilnya kurang maksimal, selain dikarenakan pengetahuan tentang personal selling yang masih kurang, sehingga pada prakteknya terdapat kekurangan seperti ketidakmampuan sales representative dalam melakukan pendekatan yang baik, diantaranya kesulitan dalam mengatasi keluhan pelanggan sehingga tidak membuahkan transaksi penjualan atau tidak jadi membeli. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kuantitatif mengenai pengaruh personal selling PT Mahakarya Sejahtera Indonesia terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengambilan sample dilakukan kepada 63 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh personal selling PT Mahakarya Sejahtera Indonesia terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai total koefisien sebesar 0,734.
Kata Kunci: Pengaruh, Personal Selling, Keputusan Pembelian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sri Wigata 500003872 (2015), Skripsi : Pengaruh Bauran Pemasaran dan Pengetahuan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Listrik Prabayar di PT PLN (PERSERO) Area Tanjung Priok. Jakarta : Universitas Bina Nusantara.
Mustainah Intan Sahir (10600111074) 2014. skripsi : Pengaruh Personal Selling dan Advertising Terhadap Penjualan Polis Asuransi pada PT Prudential Life Assurance Cabang Makasar, Bandung : STIKOM
Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Bandung : Alfabeta
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia
B.N. Marbun ,SH. 2005. Kamus Politik Bisnis. Jakarta : CV. Mulya Sari.
Hasan, Iqbal. 2012. “Metode Penelitain dan Aplikasinyaâ€. Galia Indonesia. Jakarta.
Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga.
Kusumadmo, E. 2013. Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta : Cahaya Atma Pustaka.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Swastha. Basu, 2001. Manajemen Penjualan, cetakan kelima. Yogyakarta : BFSE
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18606
  Â