POSITIONING OZ RADIO BANDUNG MELALUI IDENTITAS RADIO

nareta fitrianawati, Mochammad Rochim

Abstract


Perkembangan radio di kota Bandung saat ini terlihat semakin pesat khususnya untuk radio-radio swasta yang berkembang dengan baik, dengan semakin pesatnya perkembangan radio tentu memunculkan persaingan yang ketat untuk menarik hati para pendengar. Untuk menghadapi persaingan tersebut, sebuah stasiun radio harus memiliki startegi yang tepat agar stasiun radio melalui program siarannya dikenal dan mendapatkan posisi tersendiri di benak para pendengar. Oz Radio Bandung 103.1 FM sebagai salah satu pioneer radio anak muda di kota Bandung, harus memiliki suatu perencanaan strategi yang tepat untuk dapat membuat Oz Radio menguasai benak pendengarnya serta memiliki keunggulan yang membuat perbedaan dengan stasiun radio sejenis lainnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi positioning yang selama ini dilakukan oleh Oz Radio Bandung 103.1 FM, sehingga dapat membentuk pendengar yang loyal terhadap radio. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur identitas yang terdapat didalam sebuah stasiun radio, yakni pemilihan tagline, lagu dan gaya bertutur penyiar dalam program siaran Terbang Pagi Oz Radio Bandung 103.1 FM.
Hasil penelitian menunjukan Oz Radio Bandung 103.1 FM telah mampu bersaing dengan stasiun radio sejenis lainnnya dan memperlihatkan eksistensinya dalam menarik perhatian pendengar di kota Bandung. Strategi positioning yang dilakukan oleh Oz Radio 103.1 FM itu terlihat pada tagline yang digunakan yaitu “young n hitsâ€, lagu-lagu yang diputarkan serta melalui program siaran Terbang Pagi yang kental dengan nuansa anak muda yang penuh dengan keceriaan.

Keywords


Positioning Oz Radio Bandung, tagline, pemilihan lagu dan gaya bertutur penyiar.

References


Astuti, Santi Indra. 2008. Jurnalisme Radio Teori dan Praktik. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosadakarya.

Morissan. 2011. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio&Televisi. Jakarta : Kencana.

Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

“Perkembangan Radio di Bandungâ€, http://fauzyalfalasany.blogspot.com/2010/01/perkembangan-radio-di-bandung.html. tanggal akses 29 Juni 2015, pk 21:25 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1834

Flag Counter   Â