Hubungan Kampanye BTS X UNICEF 'Love Myself' dengan Sikap Suportif Adorable Representative M.C for Youth Bandung

Arini Rizkya Miranti, Indri Rachamawti

Abstract


Abstract. The Korean wave is a phenomenon of Korean fever spread through Korean Pop Culture to all corners of the world using mass media, and the biggest through the internet network, specially social media. One of the South Korean cultures that many teenagers are interested in is K-Pop. BTS is South Korean boy group that is currently being watched by teenagers in the world, especially Indonesia. In 2017 BTS launched a campaign with UNICEF ‘Love Myself’ which aims to invite all fans to love themselves, give positive things that are around and create a safe world for  young generation. 'Love Myself' campaign is also part of UNICEF Endviolence Campaign, in addition to inviting to love themselves, BTS invites fans to support the campaign by donating to help and prevent violence against children. Lots of ARMY support this projects, including Indonesia. Based on The social cognitive learning theory. This research aims to determine the relationship between the BTS X UNICEF 'Love Myself' campaign and supportive attitude ARMY Bandung. The method in this study uses a quantitative method with a correlational study approach. . The research data was obtained through questionnaires distributed to members of the BTS ARMY Amino community which contained statements relating to campaign (sources, messages, channels) with supportive attitudes (cognitive, affective, conative). The sampling technique used is simple random sampling. In this research, the conclusion “there is a relationship between BTS X UNICEF ‘Love Myself’ campaign and supportive attitudes of Adorable Representative M.C for Youth Bandungâ€.

Keywords: Campaign, Supportive Attitudes, Love Myself

Abstrak. Korean Wave merupakan fenomena demam Korea yang disebarkan melalui Korean Pop Culture ke seluruh penjuru dunia menggunakan media massa, dan yang terbesar lewat jaringan internet yaitu media sosial. Salah satu budaya Korea Selatan yang sedang banyak diminati anak remaja saat ini adalah K-Pop. BTS merupakan boygrup asal Korea Selatan yang saat ini sedang diminati oleh para remaja di dunia khususnya Indonesia. Di tahun 2017 BTS meluncurkan kampanye bersama UNICEF ‘Love Myself’ yang bertujuan untuk mengajak para penggemarnya mencintai dirinya sendiri, memberikan hal-hal positif yang ada disekitar dan menciptakan dunia yang aman untuk generasi muda. Kampanye ‘Love Myself’ juga merupakan bagian dari Kampanye UNICEF Endviolence, selain mengajak untuk mencintai diri sendiri BTS mengajak para fans mendukung kampanye dengan berdonasi untuk membantu dan mencegah kekerasan terhadap anak-anak. Sudah banyak ARMY yang mendukung kampanye ‘Love Myself’, termasuk Indonesia. Dengan Teori pembelajaran kognitif sosial, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara  kampanye ‘Love Myself’ dengan sikap suportif ARMY Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Data penelitian didapatkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada anggota komunitas BTS ARMY Amino Bandung yang berisi pernyataan berhubungan dengan (pelaku, pesan, saluran) kampanye dengan sikap suportif (kognitif, afektif, konatif). Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik simple random sampling. Dari penelitian diperoleh kesimpulan “Terdapat hubungan antara Kampanye BTS X UNICEF ‘Love Myself’ dengan sikap suportif Adorable Representative M.C for Youth Bandungâ€

Kata Kunci: Kampanye, Sikap Suportif, Love Myself


Keywords


Kampanye, Sikap Suportif, Love Myself

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi ke 2 Cetakan XV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Venus, Antar. 2018. Manajemen Kampanye Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17340

Flag Counter   Â