Hubungan antara Store Atmosphere Toko Buku Dahlan dengan Minat Beli Konsumen

Rifqi Taufiq, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. Education is something that is needed by all countries, including Indonesia. As a developing country, Indonesia is also still in the stage of improving and improving the quality of education. These improvements were carried out in various ways including the provision of good and appropriate books. The city of Bandung as one of the cities that has the requirements for the history of education is often used as a place to continue education and in other words, this city has a large market potential among students. Not surprisingly, many business-man develop their business in the field of modern bookstores. The huge market potential and the emergence of many bookstores makes the competition between business one and other businesses increasingly tight. Regarding the situation, the application of marketing strategies is a top priority for every company in order to achieve its objectives. Store atmosphere or atmosphere in the store is one element of retailing mix which consists of exterior, general interior, store layout and interior display. Store atmosphere is believed to influence consumer behavior in buying interest. Therefore, using the correlational methodology of this study aims to test the relationship between store atmosphere and buying interest. This research was conducted by distributing questionnaires to a sample of 93 people from Dahlan bookstore visitors as one of the bookstores that have existed since ancient times and still maintain the vintage concept in their stores. The results show that between store atmosphere and buying interest there is a positive and significant relationship. The correlation value generated from the relationship is 0.606 and is included at the level of a strong relationship. This study also shows that elements of store atmosphere consisting of exterior, general interior, store layout and interior display have a positive and significant relationship with consumer buying interest.

Keywords: Buying Interest, Corelational, Exterior, General Interior, Interior Display, Store Layout, Store Atmosphere

Abstrak. Pendidikan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh seluruh negara, termasuk Indonesia. Sebagai negara yang masih berkembang, Indonesia juga masih dalam tahap perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan. Perbaikan-perbaikan tersebut dilakukan dalam berbagai hal termasuk penyediaan buku-buku yang baik dan sesuai. Kota Bandung sebagai salah satu kota yang syarat akan sejarah pendidikan ini sering dijadikan tempat melanjutkan pendidikan dan dengan kata lain kota ini memiliki potensi pasar yang besar pada kalangan pelajar. Tak heran jika para pebisnis banyak mengembangkan usahanya dibidang toko buku modern. Potensi pasar yang besar dan banyak bermunculannya toko buku membuat terus meningkatnya persaingan antara bisnis satu dan bisnis lainnya semakin ketat. Terkait dengan situasi tersebut, penerapan strategi pemasaran menjadi prioritas utama yang harus dimiliki setiap perusahaan dalam rangka mencapai tujuan-tujuannya.Store atmosphere atau suasana dalam toko merupakan salah satu unsur dari retailing mix yang terdiri dari elemen exterior, general interior, store layout dan interior display. Store atmosphere diyakini dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat minat beli konsumen. Oleh karena itu, dengan menggunakan metodologi korelasional penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji hubungan antara store atmosphere dengan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada sampel sebanyak 93 orang yang berasal dari pengunjung toko buku Dahlan sebagai salah satu toko buku yang telah ada sejak zaman dulu dan masih mempertahankan konsep vintage pada tokonya. Hasilnya menunjukkan bahwa di antara store atmosphere dan keputusan pembelian terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Adapun nilai korelasi yang dihasilkan dari hubungan tersebut adalah 0,606 dan termasuk pada tingkat hubungan yang kuat. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa elemen dari store atmosphere yang terdiri dari exterior, general interior, store layout dan interior display memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan minat beli konsumen.

Kata Kunci: Exterior, General Interior, Interior Display, Korelasional, Minat Beli, Store Layout, Store Atmosphere


Keywords


Exterior, General Interior, Interior Display, Korelasional, Minat Beli, Store Layout, Store Atmosphere

Full Text:

PDF

References


Abdullah Thamrin. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Berman dan Evans. 2010. “Retail Managementâ€, 12th Edition. Jakarta: Pearson.

Christina Widya Utami. 2008. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 3, Jilid 1. Jakarta: PT Indeks

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 3, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Levy, Michael and Barton Weitz. 2009. Retailing Manajement. New York: Mc Graw Hill.

Philip Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid II Edisi Kesebelas. Jakarta: Alih Bahasa Benyamin.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17185

Flag Counter   Â