Strategi Penggunaan Instagram dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Berkendara

Wega Nurhidayah, Ike Junita T

Abstract


Abstract. ATCS Bandung is part of the Department of Transportation that has a function to monitor the traffic in the city of Bandung through CCTV monitoring. Through a CCTV surveillance officers who were in the control room ATCS Bandung will know the offense occurs quickly and immediately gave an appeal through loudspeakers that are at a crossroads. In addition to providing direct appeal, ATCS Bandung also take advantage of the wealth of social media Instagram via the account @ atcs.kotabandung as a medium of information to the public as well as to improve discipline in driving through posting content, content that is uploaded is packed with unique and creative. The purpose of this study was to determine how the process of delivering messages that do ATCS Bandung through the use of Instagram @ atcs.kotabandung, to find out how the barriers faced ATCS Bandung in use Instagram @ atcs.kotabandung, to determine why Instagram is used as a medium of information ATCS Bandung. The method used in this research is qualitative method with case study approach. Results of research has been done is in the process of conveying the message through Instagram @ atcs.kotabandung, ATCS Bandung process or planing that the first stage is to prepare the content, view the correctness of the information and determine the timeline. Barriers faced by Instagram account @ atcs.kotabandung in conveying the message that is composed of non-technical barriers and technical barriers. While the reasons Instagram is used as a medium of information ATCS Bandung is because Instagram rated flexible.  
Keywords: Social Media, Instagram, @ atcs.kotabandung

Abstrak. ATCS Kota Bandung merupakan bagian dari Dinas Perhubungan yang memiliki fungsi untuk mengawasi lalu lintas di Kota Bandung melalui pantauan CCTV. Melalui pengawasan CCTV petugas yang berada di control room ATCS Kota Bandung akan mengetahui pelanggaran yang terjadi dengan cepat dan segera memberikan himbauan lewat pengeras suara yang berada di persimpangan jalan. Selain memberikan himbauan secara langsung, ATCS Kota Bandung pun memanfaatkan kekayaan media sosial Instagram melalui akun @atcs.kotabandung sebagai media informasi kepada masyarakat serta untuk meningkatkan kedisiplinan berkendara melalui konten yang di posting, konten yang di unggah dikemas dengan unik dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penyampaian pesan yang dilakukan ATCS Kota Bandung melalui penggunaan Instagram @atcs.kotabandung, untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dihadapi ATCS Kota Bandung dalam penggunaan Instagram @atcs.kotabandung, untuk mengetahui alasan Instagram digunakan sebagai media informasi ATCS Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu dalam proses menyampaikan pesan melalui Instagram @atcs.kotabandung, ATCS Kota Bandung melakukan proses atau perancanaan yaitu tahap yang pertama adalah mempersiapkan konten, menilik kebenaran informasi dan menentukan timeline. Hambatan yang dihadapi oleh akun Instagram @atcs.kotabandung dalam menyampaikan pesan yaitu terdiri dari hambatan teknis dan hambatan non teknis. Sedangkan alasan Instagram digunakan sebagai media informasi ATCS Kota Bandung yaitu karena Instagram dinilai fleksibel, interaktif dan memiliki banyak fitur Instagram yang dapat dimanfaatkan.               
Kata Kunci:  Media Sosial, Instagram, @atcs.kotabandung


Keywords


Media Sosial, Instagram, @atcs.kotabandung

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Harmoni, Ati: dkk. 2018. “Kebutuhan dan Faktor Kontekstual Komunikasi CSR Berbasis Web pada Peusahaan tambang di Indonesiaâ€, dalam Jurnal Manajemen Vol XXII, No.02, Juni 2018 (hal.277-292)

Triwardhani, Ike Junita. & Wulan Trigartanti. 2018. “Supportive Communication in Developing Housewife’s Entrepreneurial of Home-Based Industry.†dalam MIMBAR Jurnal Sosial dan Pembangunan, Vol.34 No.1, Juni 2018 (hal 61-70)

Irawan, Windra. 2015.â€User Acceptance dan Media Richness pada Video Conference dalam Kehadiran Bersama secara Sosial (Sosial Co-prence)â€, dalam Jurnal Komunikasi Indonesia Vol.IV, No 1, April 2015 (hal.15-26)

Mahendra, Bimo. 2017. “Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi)â€, dalam Jurnal Visi Komunikasi Vol.16, No 01, Mei 2017 (hal.151-160)

Watie, Errika Dwi Setya. 2011.“Komunikasi dan Media Sosialâ€, dalam Jurnal The Messenger Vol.III, No 1, Juli 2011 (hal.69-75)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17092

Flag Counter   Â