Komponen Kampanye “Rindu†dalam Pemilihan Umum Daerah Tingkat Provinsi Jawa Barat
Abstract
Abstract. General Election (Election) is the process of selecting people to fill positions in the government. These positions are diverse, ranging from the President, People's Representatives at various levels of government, to the Village Head. Elections are a means for participating the people in a persuasive manner (not coercive) to the government, so that they truly realize the principles of democracy in its implementation. In each election of regional heads, especially in the province of West Java, each candidate pair must carry out a campaign, which aims to persuade or get sympathy from the community. Which finally gave the vote (voting rights) to the candidate pair. The purpose of this study was to find out the campaign components used by the Campaign Team to win the RINDU pair (Ridwan Kamil and Uu Ruzhanul Ulum) starting from how to determine campaign sources, design campaign messages, determine campaign channels, determine campaign targets, to the expected effects towards the community. The method chosen to conduct research on the components of the RINDU partner campaign the authors chose a quantitative method. The approach used in this study is descriptive. And the collection techniques used in this study are interviews, observations, documentation and literature. From the results of research conducted by researchers there are five campaign components used in the practice of campaign activities namely determining campaign sources must have credibility and expertise, campaign message content, media used namely mass media, print media and interpersonal communication, determine campaign goals and on this campaign the targets of the RINDU campaign were mothers, first-time voters, millennial youth and Islamic boarding schools, and the expected effects of this campaign activity, namely the campaign targets could give their voting rights to the RINDU pair at the time of the election.
Keywords: General Election, Manajement Campaign
Â
Abstrak. Pemilihan Umum (Pemilu) adalah proses pemilihan orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan didalam pemerintahan. Jabatan-jabatan tersebut beraneka-ragam, mulai dari Presiden, Wakil Rakyat diberbagai tingkat pemerintahan, sampai Kepala Desa. Pemilu sebagai sarana untuk berpartisispasi rakyat secara persuasif (tidak memaksa) kepada pemerintah, sehingga benar mewujudkan prinsip demokrasi dalam pelaksanaannya.Pada setiap pemilihanan kepala daerah terkhusus di provinsi Jawa Barat setiap pasangan calon pasti melakukan sebuah kampanye, yang tujuanya untuk mempersuasi atau mendapatkan simpatik dari masyarakat. Yang akhirnya masyarakat memberikan vote (hak suara) nya kepada pasangan calon tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen-komponen kampanye yang digunakan Tim Kampanye pemenangan pasangan RINDU (Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum) mulai dari bagaimana menentukan sumber kampanye, merancang pesan kampanye, menentukan saluran kampanye, menentukan sasaran kampanye, sampai kepada efek yang diharapkan terhadap masyarakat. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai komponen kampanye pasangan RINDU ini penulis memilih metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dan teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, obeservasi, dokumentasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti ada lima komponen kampanye yang digunakan dalam praktik kegiatan kampanye yakni menentukan sumber kampanye harus memiliki kredibilitas dan keahlian, isi pesan kampanye, media yang digunakan yaitu media massa, media cetak dan komunikasi antarpribadi, menentukan sasaran kampanye dan pada kampanye ini sasaran kampanye RINDU adalah ibu-ibu, pemilih pemula, pemuda milenial dan kaum pesantren, serta efek yang diharapkan dari kegiatan kampanye ini yaitu para sasaran kampanye dapat memberikan hak suaranya kepada pasangan RINDU pada saat pemilihan.
Kata Kunci: Pemilihan Umum, Manajemen Kampanye.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Susanto, Astrid S. 2006. Komunikasi Kontemporer. Bandung: Binacipta.
Hirzi, Aziz Taufik. 2005. Kampanye Kandidat Presiden Amerika Serikat dalam Meraih Simpati para Pemilih. Vol 9 No 1: hal. 137.
Anonim. 2018. Tribun Jabar.com. https://jurnalpolitik.id/2018/03/18/polling-pilgub-jabar-2018. Tanggal akses pada 31 Maret 2018 pkl 19:18 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16200
  Â