Pengaruh Terpaan Berita SARA di Media Online LINE TODAY terhadap Persepsi Mahasiswa
Abstract
Abstract. LINE TODAY is the newest feature on LINE app which is a new of online media in searching for information . When we access many kinds of news in online media intentionally or unintentionally, then actually we are being exposed by the media and then the message from the media coverage directly or indirectly affects it . LINE TODAY often provides useful information but it cannot be denied that it often posts news about SARA . SARA is a person's views or actions which are based on identity sentiments concerning descendants (ethnicity), religion, nationalities (RAS) and inter groups relation . With the existence SARA news in online media certainly can lead to perceptions . Perception is experience of objects and events or relationships obtained by deducing information and interpreting messages . The purpose of this study was to determine whether there was any influence between exposure to SARA news in LINE TODAY online media on student perceptions. The method used in this research is quantitative with multiple linear regression analysis. Data collection techniques in this research were using questionnaires or questionnaires . The analysis used by conducting multiple correlation test, t test, f test, and determination test. Respondents from this research are students from FISIP Pasundan University 2015. The theory used in this research is Digital theory (New Media) which explains that media is formed from human interaction with technology, which was originally complicated and then made easy. Because this study deals with the effects or influence of mass media, the researcher uses the Agenda Setting theory which explains that the strength of the influence of the media is very strong against to make a public opinion . The results in this research media exposure of news (X) on student perceptions (Y) produces a significant value of 0,000 <0,005 which means there is an influence between exposure to SARA news on student perceptions . Based on the results of the research conducted by researchers there are data that show the multiple correlation between exposure news of SARA in online media LINE TODAY towards student perceptions obtained by 43.3 or 43.3% and the remaining 56.7% is influenced by other variable.
Keywords: Media exposure, SARA News, Perception.
Abstrak. LINE TODAY merupakan fitur terbaru dari aplikasi LINE yang merupakan suatu media online yang baru dalam mencari sebuah informasi . Ketika kita mengakses berbagai macam berita di media online secara sengaja maupun tidak sengaja, maka sebenarnya kita sedang diterpa oleh media itu sendiri sehingga pesan dari pemberitaan media tersebut secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi nya. LINE TODAY seringkali memberikan informasi yang bermanfaat namun tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali memposting berita mengenai SARA. SARA adalah suatu pandangan atau tindakan sesorang yang didasari oleh sentimen identitas yang menyangkut dengan keturunan (Suku), agama, kebangsaan (RAS) dan antar golongan. Dengan adanya berita SARA di media online ini tentunya dapat menimbulkan terjadinya persepsi. Persepsi merupakan pengalaman mengenai objek serta peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara terpaan berita SARA di media online LINE TODAY terhadap persepsi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket atau kuesioner. Analisis yang digunakan dengan melakukan uji korelasi ganda, uji t, uji f, dan uji determinasi. Responden dari penelitian ini adalah Mahasiswa FISIP Universitas Pasundan 2015. Teori yang digunakan adalah Digital theory(New Media) yang menjelaskan bahwa media terbentuk dari interaksi manusia dengan teknologi, yang  semula berifat rumit kemudian menjadi mudah. Dikarenakan penelitian ini berkaitan dengan efek atau pengaruh media massa, maka peneliti menggunakan teori Agenda Setting yang menjelaskan bahwa kekuatan pengaruh media sangat kuat terhadap pembentukkan opini masyarakat.Hasil dalam penelitian ini bahwa terpaan berita (X) terhadap persepsi mahasiswa (Y) menghasilkan nilai signifikan 0,000 <0,005 yang berarti ada pengaruh antara terpaan berita SARA terhadap persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah terdapat data yang menunjukan pengujian korelasi ganda antara terpaan berita SARA di media online LINE TODAY terhadap persepsi mahasiswa diperoleh sebesar 43,3 atau 43,3% dan 56,7% sisanya adalah dipengauhi oleh faktor variabel lain.
Kata Kunci: Terpaan Media, Berita SARA, Persepsi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Creeber, Glen dan Royston Martin. 2008. Digital Cultures : Understanding New Media. Mc Graw Hill Open University Press.
Rakhmat, J. 1995. Psikologi Komunikasi. Bandung: Cv. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Cv. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Cv. Remaja Rosdakarya.
Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung : Nuansa Cendikia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Yunus, Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor : Ghalia Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14616
  Â