RETORIKA PIDATO DENNY SUMARGO DALAM SEMINAR PENGEMBANGAN DIRI

Hermawatin Hermawatin, Rini Rinawati

Abstract


Abstrak. Retorika biasanya disinonimkan dengan seni atau kepandaian berpidato, sedangkan tujuannya adalah menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain agar mereka mengikuti kehendak kita. Retorika merupakan teknik pemakaian bahasa sebagai seni, yang didasarkan pada pengetahuan yang tersusun baik. Denny Sumargo yang banyak kita ketahui adalah seorang Pebasket yang sekarang merambah dunia modelling, film, dan pebisnis. Banyak yang tidak tahu bahwa seorang Denny Sumargo adalah seorang pembicara dalam seminar-seminar pengembangan diri di berbagai event sosial. Tujuan dari penulis adalah untuk mengetahui retorika pidato seorang Denny Sumargo pada seminar pengembangan diri ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh ethos, pathos, dan logos Denny Sumargo. Retorika yang dilakukan Denny Sumargo banyak mengangkat tema pengembangan diri yang memberikan pesan dan kesan positif bagi anak muda. Banyak khalayak yang termotivasi, terinspirasi, terpersuasif dan terhibur oleh retorika Denny Sumargo yang sangat menarik dan unik. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Teori retorika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sample Slovin dengan respondennya adalah peserta seminar. Hasil penelitian ethos, pathos, dan logos Denny Sumargo sudah mampu melakukan retorika yang baik dan mampu membuat khalayak merasa terpersuasi dengan baik. Retorika yang dilakukan Denny Sumargo sudah mampu memotivasi dan menginspirasi peserta seminar dengan baik.

 

Kata kunci : Retorika Denny Sumargo

References


Abidin, Y Z. 2013. Pengantar Ilmu Retorika. Bandung.

Astuti, Navita Kristi. 2011. Jurus Kilat Jago Public Speaking Secara Otodidak. Jakarta: Laskar Aksara

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Davonar, Agnes. 2009. Denny Sumargo. Jakarta: PT. Percetakan Penebar Swadaya.

Djuharie, Setiawan O. 2001. Pedoman Penulisan Skripsi Tesis Disertasi. Bandung: YramaWisaya.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakrya.

__________. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

__________. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Keraf Gorsyi. Diksi dan Gaya Bahasa Seri Retorika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2006

Kriyanto, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

______________, 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sirait, Charles Bonar. 2010. The Power of Public Speaking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

West, Richard dan H, Turner, Lynn. 2008. Pengantar Teori Komunikasi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Haminka.

Wijaya, Johanes Arifin dan Setiawan, Budi. 2007. Public Speaking Is Easy. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zuhri, Saifudin. 2010. Public Speaking. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.146

Flag Counter   Â