Strategi Kampanye Politik Oded M.Danial-Yana Mulyana melalui Media Sosial Instagram @Oded_Yana
Abstract
Abstract. Social media (Instagram) is one of many social media applications which are now popular for many people such as millennials. Some of the features are available on instagram, such as (#) hashtag, comments column, likes, insights and instastory that allows to show various collections of photos which related with social activities, or social politics. This opportunity can be utilized by the political campaign team in terms of improving the image, electability of each candidate pair to campaign through social media, especially Instagram. This was used by the Oded M.Danial - Yana Mulyana pair, by managing an official Instagram account created as a forum for the Oded M.Danial online campaign - Yana Mulyana. Psychologically, the greater the number of mass supporters, the greater the influence of the candidate chosen by people. From the explanation above, the researchers conducted the research which aimed: First, knowing the background of choosing Instagram as a media for the political campaign of the Oded M. Regional - Yana Mulyana. Second, knowing the plan of the Oded M. Danial - Yana Mulyana political campaign through Instagram @oded_yana social media in the 2018 Bandung City Election. Third, knowing the implementation of the Oded M. Danial political campaign - Yana Mulyana through social media @oded_yana in the Bandung Regional Election 2018. Lastly, learning about the evaluation of the political campaign of the Oded M. Danial - Yana Mulyana pair through @oded_yana Instagram social media in the 2018 Bandung City Election.The method which is used in this study refers to case study method with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out by the method of literature study, observation, interviews, and documentation with the Oded-Yana campaign team informants, as well as the observation and documentation on Instagram account @oded_yana. Moreover, the analization to get results based on the research objectives. In order to make a success campaign on social media Instagram @oded_yana, they made a strategy to crear some team which had their respective duties. The first is planning team, the division which planned all Instagram feeds, created and planned content to be uploaded, and made strategies for taking photos or videos in the field. The second is field team, the division whic take content, photo, video or ideas on the field about the opposition couples. The third is the execution team, whic resposible for editing photos, videos and graphic designing to attract followers, is a campaign strategy in managing the Instagram account @oded_yana, in order to facilitate the communication process effectively and efficiently with the followers in getting votes for the Oded M.Danial - Yana Mulyana partner
Keywords: Politic, Campaign, Social Media, Instagram
Â
Abstrak. Media sosial instagram merupakan salah satu dari banyak aplikasi media sosial yang kini sedang digemari banyak kalangan seperti kalangan millennial. Beberapa fitur yang tersedia di instagram seperti (#) hashtag, kolom komentar, likes, insight dan instastory yang memungkinkan memunculkan berbagai kumpulan foto-foto yang membahas mengenai kegiatan sosial, atau sosial politik. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh tim kampanye politik dalam hal meningkatkan citra, elektabilitas setiap pasangan calon untuk berkampanye melalui media sosial khususnya instagram. Hal tersebut dimanfaatkan oleh pasangan Oded M.Danial – Yana Mulyana, dengan mengelola akun resmi Instagram yang diciptakan sebagai wadah kampanye online pasangan Oded M.Danial – Yana Mulyana. Karena secara psikologis semakin besar jumlah massa pendukung akan makin besar pengaruh calon tersebut dipilih oleh rakyat. Dari penjelasan diatas, peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk : Pertama, Mengetahui latar belakang pemilihan instagram sebagai media kampanye politik pasangan Oded M.Danial – Yana Mulyana. Kedua, mengetahui perencanaan kampanye politik pasangan Oded M. Danial – Yana Mulyana melalui media sosial instagram @oded_yana dalam Pemilukada Kota Bandung 2018. Ketiga, mengetahui pelaksanaan kampanye politik pasangan Oded M. Danial – Yana Mulyana melalui media sosial instagram @oded_yana dalam Pemilukada Kota Bandung 2018. Keempat mengetahui evaluasi kampanye politik pasangan Oded M. Danial – Yana Mulyana melalui media sosial instagram @oded_yana dalam Pemilukada Kota Bandung 2018. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan tim kampanye Oded-Yana, serta observasi dan dokumentasi pada akun Instagram @oded_yana. Kemudian dianalisa untuk mendapatkan hasil berdasarkan tujuan penelitian. Dalam mensukseskan kampanye di media sosial instagram @oded_yana membuat strategi tim yang memiliki tugas masing-masing, pertama tim perencanaan divisi yang merencanakan konten Instagram, membuat dan merencanakan konten yang akan di unggah di instagram @oded_yana, dan membuat strategi pengambilan foto atau video di lapangan. Kedua, tim lapangan divisi yang mengambil konten, konten foto dan video atau ide-ide di lapangan ketika melihat pasangan oposisi. Ketiga, tim eksekusi bertugas mengedit foto, video dan desain grafis agar menarik followers (pengikut), merupakan strategi kampanye dalam mengelola akun resmi instagram @oded_yana, guna memperlancar proses komunikasi secara efektif dan efisien dengan followers dalam mendapatkan suara untuk pasangan Oded M.Danial – Yana Mulyana.
Kata kunci: Politik, Kampanye, Media Sosial, Instagram
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hikmat, Mahi M. 2013. Komunikasi Poltik Teori dan Praktik Dalam Pilkada Langsung, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Pawito. 2009. Komunikasi Politik Media Massa dan Kampanye Pemilihan, Yogyakarta: Jalasutra
Puntoadi, Danis, 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Komputindo.
Sulianta, F. 2015. Kiat Dahsyat Membangun Usaha Online dari Nol. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Jurnal :
Yuniati, Yenni; Yuningsih, Ani; Nurahmawati. 2015. Konsep diri remaja dalam komunikasi sosial melalui "Smartphone". Desember 2015. Vol. 31 No. 2 (hal 439-450), https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1552/pdf Di akses pada Hari Rabu tanggal 9 Januari 2018, pukul 10.12 WIB
Sumber lain
Internet :
http://kotabandung.kpu.go.id/web/news_complete.php?page=3&idn=105&ber=Terkini Di Akses Pada Tanggal 10 Maret 2018 Pukul 12:38 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14513
  Â