Hubungan Kualitas Pelayanan Guardian dengan Loyalitas Konsumen

Hasna Githa Faridah, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Quality of service is an activity process conducted by a company that can be perceived directly the results, which ultimately meet consumer expectations. For a company, service quality is a very important factor, because in marketing the product, the interaction between producers and consumers occurs directly. The purpose of this study is to determine whether there is a relationship between the real evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy with consumer loyalty Guardian Health and Beauty. The method used in this research is correlation, that is method to research and know the relationship between two variables (Variable X and Variable Y). In the calculation will be obtained correlation coefficient, correlation coefficient is used to determine whether there is a strong relationship, the direction of relationships, and the meaning or not the relationship. Correlational method in this research is used to test whether there is a relationship between the real evidence, reablitias, responsiveness, assurance and empathy with consumer loyalty Guardian Health and Beauty. In this study, respondents selected by researchers are Guardian Health and Beauty consumers who are in the store Bandung Electronic Center as much as 97 respondents, with sampling systematic random sampling. The results of this study indicate that there is a relationship in all indicators with consumer loyalty. Thus, it can be said that consumer loyalty in a company can be measured from the quality of services provided by the company.

Keywords: Quality of service, Service, Loyalty

 

Abstrak. Kualitas pelayanan jasa ialah suatu proses aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang dapa dirasakan secara langsung hasilnya, yang pada akhirnya memenuhi harapan konsumen. Bagi sebuah perusahaan, kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat penting, karena dalam memasarkan produk, interaksi antara produsen dan konsumen terjadi secara langsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara bukti nyata, reabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati dengan loyalitas konsumen Guardian Health and Beauty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, yaitu metode untuk meneliti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (Variabel X dan Variabel Y). Di dalam perhitungannya nanti akan didapat koefisien korelasi, koefeisien korelasi ini digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang kuat, arah hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan tersebut. Metode korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara bukti nyata, reablitias, daya tanggap, jaminan dan empati dengan loyalitas konsumen Guardian Health and Beauty. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah konsumen Guardian Health and Beauty yang berada di store Bandung Electronic Center sebanyak 97 responden, dengan pengambilan sampel systematic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan dalam seluruh indikator dengan loyalitas konsumen. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa loyalitas konsumen dalam sebuah perusahaan dapat diukur dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Jasa, Loyalitas


Keywords


Kualitas Pelayanan, Pelayanan Jasa, Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Hurriyati, Dr. Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Jasfar, Farida. (2009). Manajemen Jasa Terpadu. Ciawi Bogor: Ghalia Indonesia

Kotler, Phillip. 2008 . Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. Pemasaran Jasa. Edisi 7. Erlangga: Jakarta

Wijaya, Dr. Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Serqual, QFD, dan Kano, Edisi Kedua. Jakarta: Indeks

Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Universitas Trunojyo Madura

Mustika, Meliza. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Wardah Beauty House Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Medan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12948

Flag Counter   Â