Strategi Promosi Saint Barkley Shoes dalam Membangun Brand Awareness

Bobby Rakhmat Fitrialdy Ma'mun, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. Along with the development of an increasingly advanced era, people today are required to be a more creative, including in the field of trade industry. Today's creative industry can be said to support Indonesia's economy in the future. One of the centers of the creative industry is the city of Bandung. Currently there are many companies engaged in the creative industry in the city of Bandung, one of which is Saint Barkley engaged in the creative industries apparel / fashion With the development of the era, the more things that can affect how to dress the people of Indonesia, especially the people of Bandung. , Saint Barkley is present in the world of young people with a variety of passion. The method chosen to conduct research on planning this communication the author chose a qualitative method. This type of research is more emphasized to explore the meaning stored in a social phenomenon. That way, this type of research can provide deep results because the data obtained is open. The strategy used in this study is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit and researchers emphasize the process. This study itself uses qualitative methodology because the promotion strategy through collaboration with local musicians to build brand awareness is still rarely used. From the research conducted by the researchers in this study, researchers found that promotion strategies through collaboration with local musicians to build brand awareness is a powerful strategy to do despite many similar products, although there are some obstacles and obstacles that occur but Saint Barkley Shoes can survive until now and many audiences who already know the product of Saint Barkley Shoes.

Keywords: Brand Awareness, Promotion Strategy, Bandung Creative Industry

 

 

Abstrak. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, manusia saat ini dituntu untuk dapat menjadi seorang yang lebih kreatif, termasuk dalam bidang industri perdagangan. Industri kreatif saat ini dapat dikatakan sebagai penunjang ekonomi Indonesia ke depan. Salah satu pusat industri kreatif adalah kota Bandung. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang bergerak pada bidang industri kreatif di kota Bandung, salah satunya adalah Saint Barkley yang bergerak dalam bidang industri kreatif apparel/fashion Dengan seiringnya perkembangan zaman, semakin banyak hal yang dapat mempengaruhi cara berpakaian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kota Bandung. , Saint Barkley hadir ke dalam dunia anak muda dengan beragam passion. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai perencanaan komunikasi ini penulis memilih metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekankan untuk menggali makna yang tersimpan pada suatu fenomena sosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang didapat bersifat terbuka. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Penelitian ini sendiri menggunakan metodogi kualitatif karena Strategi promosi melalui kolaborasi dengan musisi lokal untuk membangun brand awareness masih jarang di gunakan. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah dimana peneliti menemukan bahwa strategi promosi melalui kolaborasi dengan musisi lokal untuk membangun brand awareness merupakan strategi yang ampuh untuk dilakukan walaupun banyak produk sejenis , walaupun ada beberapa hambatan dan kendala yang terjadi namun Saint Barkley Shoes dapat bertahan hingga saat ini dan banyak khalayak yang sudah mengetahui produk Saint Barkley Shoes.

Kata Kunci : Brand awareness, Strategi promosi, industri kreatif Bandung


Keywords


Brand awareness, Promotion Strategy, creative industry

Full Text:

PDF

References


Aaker, David (1991). Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name.New York : Free Press.

Abdulsyani, 2014. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Bumi Aksara, Jakarta.

Farrel.O.C dan D.Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western : Thomson Coorperation.

Freddy Rangkuti, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta.

Terence A. Shimp. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12710

Flag Counter   Â