Manajemen Branding Pariwisata Indonesia di Beijing

Reny Anggraeny, Endri Listiani

Abstract


Abstract: Tourism is one of the capital to make Indonesia grow and be known more broadly in the international arena. Many things can be done to introduce Indonesian tourism on the international scene, for example through marketing, advertising, or through an event. Including one event organized by the Embassy of the Republic of Indonesia Beijing is North China Sales Mission event in Beijing 2018 which aims to open a new relation to introduce Indonesia's tourism destinations in Beijing. The purpose of this study is to find out how the Embassy of the Republic of Indonesia in Beijing to build Indonesia's tourism equity brand to enhance the visit to Indonesia, to find out how the Embassy's steps in Beijing to build Indonesia's tourism brand equity to increase visits to Indonesia, and to find out how the Embassy's Beijing build Indonesia's tourism brand equity to increase visits to Indonesia, especially through the North China Sales Mission event in Beijing 2018. The method chosen to conduct research on branding management is the authors choose qualitative methods. This type of research is more emphasized to explore the meaning stored in a social phenomenon. That way, this type of research can provide a profound result because the data obtained is open. The strategy used in this study is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit and the researcher emphasizes the process. From the research conducted by researchers in this study is where researchers found that branding management by the Embassy in Beijing in building the brand of Indonesian tourism equity in Beijing is by several factors namely, maintaining a good communication and coordination between the parties concerned, prepare Indonesia's tourism destinations, establishing potential key targets, building good relationships between Indonesian tourism with Beijing, applying branding strategy models, analyzing the strengths of Indonesian tourism in Beijing, analyzing the weaknesses of Indonesian tourism in Beijing and preparing promotional media.

Keywords: Brand equity, branding management and Indonesian tourism

 

Abstrak: Pariwisata merupakan salah satu modal untuk membuat Indonesia berkembang dan dikenal lebih luas lagi di kancah internasional. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia di kancah internasional misalnya melalui pemasaran, periklanan, maupun melalui sebuah event. Termasuk salah satu event yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing yakni event Sales Mission China Utara di Beijing 2018 yang bertujuan untuk membuka relasi baru untuk memperkenalkan destinasi pariwisata Indonesia di Beijing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana KBRI Beijing membangun brand equity pariwisata Indonesia untuk meningkatkan kunjungan ke Indonesia, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah KBRI Beijing membangun brand equity pariwisata Indonesia untuk meningkatkan kunjungan ke Indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah KBRI Beijing untuk membangun brand equity pariwisata Indonesia untuk meningkatkan kunjungan ke Indonesia khususnya melalui event Sales Mission China Utara d Beijing 2018. Metode yang dipilih untuk melakukan penelitian mengenai manajemen branding ini penulis memilih metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekankan untuk menggali makna yang tersimpan pada suatu fenomena sosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang didapat bersifat terbuka. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah dimana peneliti menemukan bahwa manajemen branding yang dilakukan oleh KBRI Beijing dalam membangun brand equity pariwisata Indonesia di Beijing adalah dengan beberapa faktor yakni, menjaga sebuah komunikasi dan koordinasi yang baik antara pihak-pihak yang terkait, mempersiapkan destinasi pariwisata di Indonesia, menetapkan sasaran utama yang potensial, membangun hubungan yang baik antara pariwisata Indonesia dengan Beijing, menerapkan model strategi branding, menganalisis kekuatan pariwisata Indonesia di Beijing, menganalisis kelemahan pariwisata Indonesia di Beijing serta mempersiapkan media promosi.

Kata Kunci: Brand equity, manajemen branding dan pariwisata Indonesia


Keywords


Brand equity, manajemen branding dan pariwisata Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. 2015. Aaker on Branding; 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: Gramedia.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata. Jakarta: Prenada Group.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2 Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12559

Flag Counter   Â