Kepuasan Nasabah Pengguna M-Banking BNI di Kalangan Mahasiswa

Yang Nurintan Zuraidah

Abstract


Abstract. As time goes by, technological development has also accelerated and changed many people's lifestyles, technological developments have also shown remarkable progress. The term "technology" comes from the Greek word, "techne" which means "craft" and "logia" means "study of something". This study aims to determine the satisfaction of BNI conventional m-banking user customers viewed from the aspect of ease of use (perceived ease of use) and from the aspects of usefulness. Marketing is identifying and meeting human and social needs. One of the good and short definitions of marketing is "fulfilling needs in a profitable way". Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is BNI conventional m-banking customer satisfaction seen from the aspects of ease of use ( perceived ease of use)? (2) How can BNI's conventional m-banking user satisfaction be seen from the aspect of usefulness? Researchers used descriptive analysis techniques using a quantitative approach. The population selected in this study was the University of Indonesia Education Students, amounting to 2977 and taken back in 2015 as much as 636. With the sampling technique, Syatematic random sampling obtained a total sample of 88 students. Data collection techniques used in this study are questionnaires, interviews, observations, and literature studies. The data analysis technique used in this study is a descriptive analysis technique. The results of this study are: Judging from the ease of use aspect, all respondents who are BNI conventional m-banking users are satisfied. Respondent's assessment of ease of use in this study is based on indicators. Seen from the aspect of usefulness, 83% of respondents who are BNI conventional m-banking users are satisfied, in this study based on indicators.

Keywords: User Satisfaction, Media Communication, M-banking

 

Abstrak. Seiring berjalannya zaman perkembangan teknologi pun semakin pesat dan merubah banyak gaya hidup masyarakat, perkembangan teknologi juga sekarangini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Istilah “teknologi†berasal dari kata Yunani, yaitu “techne†yang berarti “kerajinan†dan “logia†berarti “studi tentang sesuatuâ€. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kepuasan nasabah pengguna m-banking BNI konvensional di lihat dari aspek kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan dari aspek kemanfaatan (usefulness).Pemasaran adalah mengidentifikasikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adalah “memenuhi kebutuhan dengan cara menguntungkan “.Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kepuasan nasabah pengguna m-banking BNI konvensional di lihat dari aspek kemudahan penggunaan (perceived ease of use)? (2)Bagaimana kepuasan nasabah pengguna m-banking BNI konvensional di lihat dari aspek kemanfaatan (usefulness)? Peneliti menggunakan metode teknik analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang berjumlah 2977 dan diambil kembali angkatan 2015 sebanyak 636. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Syatematic random Sampling diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 88 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan (ease of use), seluruh responden yang merupakan nasabah pengguna m-banking BNI konvensional sudah merasa puas. Penilaian responden terhadap kemudahan penggunaan (ease of use) dalam penelitian ini berdasarkan indikator Dilihat dari aspek kemanfaatan (usefulness), 83% responden yang merupakan nasabah pengguna m-banking BNI konvensional sudah merasa puas, dalam penelitian ini berdasarkan indikator.

Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Komunikasi media, M-banking


Keywords


Kepuasan Pengguna, Komunikasi media, M-banking.

Full Text:

PDF

References


Al-Rasyid, Harun. (2003). Statistika Sosial. Bandung : Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Ating, Somantri dan Sambas, Ali Muhidin, 2006. Statistika Dalam Penelitian.

Bandung: Pustaka Setia.

Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hikmawati. 2017 Dr. Fenti Hikmawati, M. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama bekerja sama dengan Jakarta Business Research Center (JBRC)

Kurnia, Novi. 2005. “ Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi†dalam Portal Garuda vol.6 no.2, Desember 2005 (hal 292)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12488

Flag Counter   Â