Strategi Promosi E-Marketing PT. Reclays Purnama Cipta

Irham Yassir M, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract : PT. Reclays Purnama Cipta present in the realm of fashion since 2007 in Bandung. PT. Reclays Purnama Cipta named its brand name Reclays.id. Since its inception until now, Reclays.id keeps producing in fashion related products, such as hats, shirts, jackets, pants, wallets, and belts. In addition, PT. Reclays Purnama Cipta has a promotional team used to create promotional content to be performed by Reclays.id brand. Once the promotional content is so, it will be directly applied only by using online media / internet. The purpose of this study is to find out how e-marketing promotion activities in PT. Reclays Purnama Cipta, to find out how the content of e-marketing promotion messages in PT. Reclays Purnama Cipta, and to find out the reason why PT. Reclays Purnama Cipta uses online media as the main promotional media. The method used in this research is qualitative with case study approach and to collect data using interview, observation, literature study, and documentation. Key informants came from the promotion team Reclays.id Septian Titus Alta Pradana and supporting informants came from two consumers who had purchased Reclays.id products. From the research, that has been done and found that e-marketing promotion strategy of PT. Reclays Purnama Cipta uses a promotional mix that is applied using several types of online media. But there are still elements of the promotion mix that are still not effective to do such as publicity. The contents of the message submitted by Reclays.id will refer to the tag line of Reclays.id. Tools to deliver the message to consumers using digital posters, because the media campaign that is used is the online media. The reason Reclays.id uses online media as the main promotional medium because online media is considered easier and more profitable than conventional media. In doing promotional activities in online media Reclays.id certainly get some obstacles, but all the obstacles that have its own solution.

Keywords : Promotion Mix, E-Marketing, Online Media

 

Abstrak : PT. Reclays Purnama Cipta hadir dalam ranah fashion pada tahun 2007 di Bandung. PT. Reclays Purnama Cipta menamai brand nya dengan nama Reclays.id. Sejak awal didirikan sampai sekarang, Reclays.id tetap berkonsisten dalam memproduksi produk-produk yang berhubungan dengan fashion, yakni antara lain seperti produk topi, baju, jaket, celana, dompet, dan sabuk. Selain itu, PT. Reclays Purnama Cipta mempunyai tim promosi yang bertugas untuk membuat konten promosi yang akan dilakukan oleh brand Reclays.id. Setelah konten promosi sudah jadi, maka akan langsung diaplikasikan hanya dengan menggunakan media online/internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan promosi e-marketing dalam PT. Reclays Purnama Cipta, untuk mengetahui bagaimana isi pesan promosi e-marketing dalam PT. Reclays Purnama Cipta, dan untuk mengetahui alasan mengapa PT. Reclays Purnama Cipta menggunakan media online sebagai media promosi utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Key informan berasal dari tim promosi Reclays.id yang bernama Septian Titus Alta Pradana dan informan pendukung berasal dari dua orang konsumen yang pernah membeli produk Reclays.id. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa strategi promosi e-marketing PT. Reclays Purnama Cipta menggunakan bauran promosi yang diaplikasikan dengan menggunakan beberapa jenis media online. Namun masih terdapat elemen dari bauran promosi yang masih belum efektif untuk dilakukan seperti publicity (publisitas). Isi pesan yang disampaikan oleh Reclays.id akan mengacu kepada tag line atau slogan milik Reclays.id itu sendiri. Alat untuk menyampaikan isi pesan kepada konsumen menggunakan poster digital, karena mengingat media promosi yang dipakai adalah media online. Alasan Reclays.id menggunakan media online sebagai media promosi utama karena media online dianggap lebih mudah dan lebih menguntungkan daripada media konfensional. Dalam melakukan kegiatan promosi di media online tentunya Reclays.id mendapatkan beberapa hambatan, tetapi semua hambatan itu memiliki solusinya tersendiri.

Kata Kunci : Bauran Promosi, E-Marketing, Media Online


Keywords


Promotion Mix, E-Marketing, Online Media

Full Text:

PDF

References


Dominikus Juju, Feri Sulianta. 2010. Branding Promotion with Social Network. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2004. Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Mohamed, Rafi A., et.al. 2003. Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy. United State of America: Mc Graw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12471

Flag Counter   Â