Strategi Komunikasi Pemilik Akun Instagram Menghadapi Cyberbullying di Media Sosial
Abstract
Abstract. The revolution of information technology, internet and social media are able to change the behavior of human beings in socializing and communicating. Communication without control in social media cause in advent a variety of crimes for example cyberbullying.This research describes the reasons, opinions, and strategies cyberbullying victims in social media instagram. The victims in this case are instagram user that has many followers, namely account @jellyjel0, @neng_jepret, and @ rinanose16.The case study research in this study is used to express the uniqueness of the characteristics contained in cases of cyberbullying experienced by the victims.The results of this study are the cyberbullying victims using the same strategy, that they are replying to cyberbullyings using arguments that have evidence, to minimize the possibility of cyberbullying attacks from other person. The victims also take advantage of block and report features to stop cyberbullying perpetrators on their social media accounts.
Keyword : Cyberbullying, Instagram, Haters, Netizen
Â
Abstrak. Perkembangan teknologi informasi, internet dan media sosial memberikan dampak perubahan kepada perilaku manusia dalam bersosial dan berkomunikasi. Komunikasi tanpa pengawasan dalam lingkup sosial akan dapat menyebabkan berbagai macam penyimpangan, sebagai contoh yang akhir-akhir ini sering kita dengar dengan istilah cyberbullying.
Penelitian ini menjabarkan mengenai alasan, opini, dan strategi dari korban cyberbullying di media sosial instagram untuk melawan serangan cyberbullying. Korban dalam kasus ini adalah pengguna instagram yang memiliki banyak pengikut, yaitu akun @jellyjel0, @neng_jepret, dan @rinanose16.
Penelitian studi kasus dalam penelitian ini digunakan untuk mengungkapkan kekhasan atau keunikan karakteristik yang terdapat di dalam kasus cyberbullying yang dialami para korban.
Hasil dari penelitian ini adalah para korban menggunakan strategi yang sama, yaitu membalas serangan cyberbullying dengan menggunakan argumen yang memiliki bukti, untuk meminimalisir kemungkinan serangan cyberbullying dari pelaku yang lain. Korban juga memanfaatkan fitur block dan report supaya menghentikan akses pelaku cyberbullying pada akun media sosialnya.
Kata kunci : Cyberbullying, Instagram, Haters, Netizen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media.
Komputindo Kompas Gramedia.
DeVito, Joseph. A. 1996. Komunikasi Antar Manusia, Edisi Kelima. Penerjemah
Agus Maulana MSM. 1997. Jakarta: Professional Books.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores:
Nusa Indah
Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta : Yayasan Obor
Indonesia
Suardi, 2016. Antara Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Riau :Fakultas Dakwah
dan Komunikasi,UIN Suska Riau
Wood, Julia T. 2010. Komunikasi Interpersonal : Interaksi Keseharian. Jakarta :
Salemba Humanika
Putri, Fanny Aulia. (2014). Opini Siswa Terhadap Tindakan Cyberbully Di Media
Sosial (Studi Deskriptif Opini Siswa Sma Negeri 1 Medan Terhadap Tindakan Cyberbully di Media Sosial). Medan : Universitas Sumatera Utara
Situmorang, James R. (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam
Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya. Bandung : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Universitas Katolik Parahyangan.
Winahyu, Sri Kusuma. 2011. Argumen dalam Teks Opini Majalah TEMPO.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12047
  Â