Kampanye Suporter Sepak Bola Indonesia di Media Sosial

Hafidh Firmansyah, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. The appearance of social media causes the dissemination of information become faster and wider. Social media can also be a medium to  carry out the campaign. One of the campaign on social media is a “peace campaignâ€, initiated by Persib and Persija’s supporters. This research describes the peace campaign conducted by  @bobotoh_jakmania’s account  on Instagram. That is about how the campaigners, the message, channel selection and campaign audiences. The descriptive method in this study is used to test the problems that occur in conveying the message of peace between Vikings and The Jakmania. The number of samples in this research are 100 respondents which is a followes of @bobotoh_jakmania’s intagram account, who were taken using a systematic random sampling. The resut showed that the peace campaign on @bobotoh_jakmania’s intagram account is accordance with the wishes of audiences. Campaigners can convey messages effectively to audiences through the right media.

Keywords: Campaign, Social Media, Bobotoh, The Jakmania, Peace

 

Abstrak. Kehadiran media sosial menyebabkan penyebaran informasi semakin cepat dan luas. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi media untuk melaksanakan kampanye. Salah satunya kampanye perdamaian yang dilakukan suporter sepakbola di Indonesia, yaitu suporter Persib dan Persija. Penelitian ini menjabarkan mengenai kampanye perdamaian yang dilakukan oleh akun @bobotoh_jakmania di media sosial instagram. Yaitu mengenai bagaimana pelaku kampanye, penyampaian pesan, serta pemilihan saluran dan khalayak kampanye. Metode deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah masalah-masalah yang terjadi dalam menyampaikan pesan perdamaian diantara Viking dan The Jakmania, Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden, yaitu followers dari akun @bobotoh_jakmania yang diambil menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye perdamaian yang dilakukan oleh akun @bobotoh_jakmania ini sesuai dengan yang diinginkan khalayak. Pelaku kampanye dapat menyampaikan pesan dengan efektif kepada khalayak melalui media yang tepat.

Kata Kunci : Kampanye, Media Sosial, Bobotoh, The Jakmania, Perdamaian 


Keywords


Kampanye, Media Sosial, Bobotoh, The Jakmania, Perdamaian

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta Media Kita

Cangara. Hafied. 2010 Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. PT.Citra Aditya Bakti.

Flew, Terry. 2002. New Media: An Introduction. UK: Oxford University Press

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Winkel. 2007. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jurnal :

Cahyono, Sugeng A. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial

Masyarakat Di Indonesia.

Putro, Aditiyo D. Kampanye Sosial Membangun Kesadaran Beretika Komunikasi

Di Sosial Media Pada Masyarakat Dewasa Dini Di Bandung.

Watie, Errika. The Messenger, Volume III, Nomor 1. Edisi Juli 2011

Kurnia, Novi. MediaTor, Vol. 6=2 (Perkembangan Teknologi Komunikasi dan

Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11870

Flag Counter   Â