Hubungan antara Instagram Stories dengan Eksistensi Diri

Harlina Rakhim Hardimulya, Rini Rinawati

Abstract


Abstract The use of social networking sites is very popular in recent years. The site is not only used to relate to each other but also for other activities one of them in self-existence. Currently the use of social media that is much loved by teenagers is Instagram , with Instagram Stories feature. Indonesia is now the largest user of Instagram Stories in Asia. Many people take advantage of the feature to express themselves either through selfie photos or pour out their hearts and want to gain recognition or attention from others, especially among teenagers who are generally teenagers still looking for identity. The theory that used in this research is Uses and Gratification theory. The method used by this research is quantitative method with correlational approach and using correlational rank spearman formula to test whether there is relation between usage instagram stories with self existence. Sampling was done to 75 students of SMAN 10 Bandung students.The overall results of this study that there is a significant relationship between the use of Instagram Stories and Self-Existence in Students SMAN 10 who joined the group Line force of 2018 with a total correlation coefficient of 0.691.

Keywords : Mass Communication, Instagram Stories, Self Existence

 

Abstrak Penggunaan situs jejaring sosial sangat marak dalam beberapa tahun belakangan ini.Situs tersebut tidak hanya digunakan untuk berhubungan satu sama lain melainkan juga untukkegiatan-kegiatan lain salah satunya dalam bereksistensi diri. Saat ini penggunaan media sosial yang sedang banyak digemari oleh para remaja yaitu Instagram dengan fitur Instagram Stories. Indonesia kini menjadi pengguna Instagram Stories terbanyak se Asia. Banyak orang memanfaatkan fitur tersebut untuk mengekspresikan diri baik melalui foto selfie maupun mencurahkan isi hati dan ingin mendapatkan pengakuan atau pun perhatian dari orang lain, apalagi dikalangan remaja yang umunya para remaja masih mencari jati diri.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan menggunakan rumus korelasional rank spearman untuk menguji apakah ada hubungan antara penggunaan instagram stories dengan eksistensi diri. Pengambilan sample dilakukan kepada 75 orang responden siswa kelas  SMAN 10 Bandung.  Hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara penggunaan Instagram Stories dengan Eksistensi Diri pada Siswa SMAN 10 yang tergabung pada group Line angkatan 2018 dengan nilai total koefisien korelasi sebesar 0,691.  

Kata Kunci : Komunikasi massa, Instagram Stories, Eksistensi Diri


Keywords


Komunikasi massa, Instagram Stories, Eksistensi Diri

Full Text:

PDF

References


Bimo Mahendra, 2017. Eksistensi Remaja dalam Instagram Jurnal Visi Komunikasi/Volume 16, No.01.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti

Fardiah Dede, Rini Rinawati dan Satya Indra Karsa. 2015 , Literasi Internet Dalam Meminimalisasi Dampak Negatif Media Jejaring. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/427/pdf . Vol 05 No. 1 ( diakses pada tanggal 08/01/2018 pukul 23.42 )

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

L. Tubbs, Stewart & Sylvia Moss. 2000 Human Communication, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antarbudaya di Era Budaya Siber. Jakarta:Kencana, Prenada Media Group.

Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Rakhmat, Jalaludin, 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tohap Simatupang. 2011. “ Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial ( Facebook ) Dengan Harga Diri ( Self- Esteem ) Pada Siswa Siswi SMK Negeri Merangin – Jambi Tahun 2011â€. Skripsi. Sumatera Barat: Universitas Andalas.

Fatimah Kartini Bohang, 2017. Indonesia penggunaan instagram terbesar se asia pasifik 27 Juli . https://tekno.kompas.com/read/2017/07/27/11480087/indonesia-penggunaan-instagram-terbesar-se-asia-pasifik




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11723

Flag Counter   Â