Komunikasi Antar Pribadi Melalui Aplikasi Tinder

Irham Yahdian Kostaman, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. Interpersonal communication is a communication that takes place between two or more individuals that can take place face to face and can be established through social media, one of which can be intertwined through Tinder application. This study intends to describe in depth the interpersonal communication stage through Tinder application among Unisba students based on the relationship development stage. Methods This research is a quantitative method using descriptive study approach. Subjects in this study amounted to 8 (eight) people. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. Techniques to test the validity of data by means of Triangulation Data. The result of the research shows that the interpersonal communication stage that is established among Unisba users of Tinder application is sequentially, starting from the orientation stage that is the user of Tinder application begins by matching and getting acquainted. At the exchange stage of the explorative effects of newly acquired individuals began to interact and begin to emerge mutual trust. Then the exchange effect stage, the communication is more spontaneous and emerged the use of personal idiom. Finally, the stable exchange stage of established communication is getting closer and usually it is possible to start face-to-face meetings. The conclusion of this research is that the user of Tinder application among Unisba students communicates through chat on the application gradually according to the four stages of relationship development consisting of Orientation Phase, Exploration Effect Exchange Phase, Effect Exchange Stage, and Stable Exchange Stage.

Keywords : Interpersonal Communication, Tinder Application, Relationship Development.

 

Abstrak. Komunikasi Antarpribadi adalah komunikasi yang berlangsung antara dua individu atau lebih yang dapat berlangsung secara tatap muka (face to face) dan bisa terjalin melalui media sosial, yaitu salah satunya bisa terjalin melalui aplikasi Tinder. Penelitian ini bermaksud untuk menguraikan secara mendalam dari tahapan komunikasi antarpribadi melalui aplikasi Tinder di kalangan mahasiswa Unisba berdasarkan tahap pengembangan hubungan. Metode Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data dengan cara Triangulasi Data. Hasil penelitian melihat bahwa, tahapan komunikasi antarpribadi yang terjalin di kalangan mahasiswa Unisba pengguna aplikasi Tinder adalah berurutan, dimulai dari tahap orientasi yaitu pengguna aplikasi Tinder dimulai dengan saling cocok (match) dan saling berkenalan. Pada tahap pertukaran efek eksploratif individu yang baru kenal mulai banyak berinteraksi dan mulai muncul rasa saling percaya. Kemudian tahap pertukaran efek, komunikasi yang terjalin semakin spontan dan muncul penggunaan idiom pribadi. Terakhir yaitu tahap pertukaran stabil komunikasi yang terjalin sudah semakin akrab dan biasanya bisa untuk memulai pertemuan secara langsung tatap muka. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa pengguna aplikasi Tinder di kalangan mahasiswa Unisba berkomunikasi melalui chat pada aplikasi tersebut secara bertahap sesuai empat tahapan pengembangan hubungan yang terdiri dari Tahap Orientasi, Tahap Pertukaran Efek Eksploratif, Tahap Pertukaran Efek, dan Tahap Pertukaran Stabil.

Kata Kunci : Komunikasi Antarpribadi, Aplikasi Tinder, Pengembangan Hubungan.

Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Aplikasi Tinder, Pengembangan Hubungan

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ratnasari, Anne. (2007). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Bermedia Internet Terhadap Persahabatan Mahasiswa di Dunia Maya, dalam Jurnal MediaTor, Vol. 8, No. 1, Juni 2007 (hal. 165-181).

Maryani, Anne & Dadi Ahmadi. (2010). Komunikasi Virtual : Teori dan Praktik. Bandung: Ihsan Press.

Chaer, Abdul. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Karyadi, Dadi & Ike Junita Triwardhani. (2015). Komunikasi Antarpribadi dalam Promosi Asuransi. Bandung: Prosiding Penelitian SPeSIA.2018




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11188

Flag Counter   Â