Hubungan Sponsorship Liverpool Fc dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia

Septian Titus Alta Pradan, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. This thesis has tittle “Relationship of Sponsorship Liverpool FC With Interest of Using Airlines Services Brand Garuda Indonesiaâ€. This research focusing on Garuda Indonesia as sponsor of football team Liverpool FC to increase interest of using airlines services of Garuda Indonesia on Liverpool fan base called BIGREDS Bandung. The purpose of this research are to find relationship between attitude to the sponsor with interest of using airlines services Garuda Indonesia on BIGREDS Bandung, sincerity of the sponsor with interest of using airlines services Garuda Indonesia on BIGREDS Bandung and  ubiquity of the sponsor with interest of using airlines services Garuda Indonesia on BIGREDS Bandung. On this research writer using correlational quantitative method. This research will illustrated how relationship between sponsorship with interest of using of airlines services brand Garuda Indonesia. On this research writer use sponsor factors as measuring instrument (X) and interest theory (Y). Writer use Slovin theory to found how many correspondent should be involved and the results are showed one hundred people from BIGREDS Community. The final results of this research after spreading one hundred questionnaire are there’s been relationship between sponsorship of Liverpool FC with interest of using airlines services brand Garuda Indonesia. Nevertheless on Guilford the result showed low but definitely because based on questionnaire who has been spread show only 0,320. This score obtained by value count t amount 3,344 and value count table t with dk= 98 and α = 5% are amount 1,984 then canbe see that t count (3,344) > table t (1,984) so that Ho been rejected.As for the conclusion of this research is Garuda Indonesia Airlines has been successful to increase interest of using airlines services on BIGREDS Bandung. Sponsorship as one of integrated marketing communication on Kotler’s , so that can be said if football game can be one of effectively promotion media, moreover on the best league in the world English Premiere League and the team who already has big fans around the world.

Keywords: Sponsorship, Sponsor, Airlines, Marketing, Promotion, Liverpool FC

 

Abstrak. Skripsi ini berjudul “Hubungan Sponsorship Liverpool FC dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia.†Permasalahan yang diangkat mengenai Garuda Indonesia yang menjadi sponsor dari tim sepak bola Liverpool FC dalam meningkatkan minat menggunakan jasa merek maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara attitude to the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung, hubungan antara sincerity of the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung, hubungan antara ubiquity of the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional. Di sini penulis akan menggambarkan tentang bagaimana hubungan antara kerja sama sponsorship Garuda Indonesia dan Liverpool FC dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan faktor sponsor sebagai alat ukur (X) dan teori minat (Y). penulis menggunakan rumus Slovin dalam menentukan jumlah responden, dari hasil penghitungan maka responden dalam penelitian ini adalah 100 orang dari komunitas Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah terdapat hubungan antara sponsorship Liverpool FC dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia. Walaupun dalam kriteria Guilford poin yang dihasilkan rendah tapi pasti dengan 0,320. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai t hitung sebesar 3,344 dan nilai t tabel dengan dk = 98 dan α = 5% adalah sebesar 1,984 maka dapat dilihat bahwa t hitung (3,344) > t tabel (1,984) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Sponsorship Liverpool FC dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di BIGREDS Bandung dengan tingkat hubungan rendah tapi pasti. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah maskapai Garuda Indonesia berhasil menggaet minat dari komunitas BIGREDS Bandung dalam menggunakan maskapai mereka. Sponsorship yang memang menjadi salah satu instrument dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu Kotler maka bisa dikatakan bila sepak bola memang menjadi salah satu media untuk berpromosi yang efektif, apalagi di salah satu liga internasional yang sangat kompetitif English Premiere League dan juga di klub yang memiliki jumlah fans di dunia sangat tinggi.

Kata Kunci:         Sponsorship¸ Sponsor, Maskapai, Pemasaran, Promosi, Liverpool FC


Keywords


Sponsorship¸ Sponsor, Maskapai, Pemasaran, Promosi, Liverpool FC

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Duncan, Tom. 2005. Principles of Advertising and IMC. 2nd Edition. New York: McGraw-Hill.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003. Principles of Marketing. 10th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management. 12th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Manajemen. Edisi 13 jilid 2. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. 14 th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran 1 Oetarevia, Penerjemah. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, Naresh. K. 2007. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan Soleh Rusyadi Maryam, Penerjemah. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Manalu, Sonta Frisca. 2010. Cara Mudah Cari Sponsor Event. Jakarta: PPM Manajemen.

Masterman, Guy. 2007. Sponsorship: For A Return on Investment. Oxford: Elsevier.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neuman. William Lawrence. 2003. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. 5th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Prasetyo, Bambang dan Lina M. Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Shimp, Terence. A. 2003. Periklanan Promosi Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11095

Flag Counter   Â