Hubungan antara Penggunaan Media Webtoon: SEKOTENGS (Sekumpulan Koass Gantengs) dengan Pemenuhan Informasi Kesehatan

Kartini Kartini, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. The development of new media is something that can’t be ignored in the future, it will continue to grow and produce new platforms from various media. Moreover, social media has become the platforms of the distribution of the creations from the youth, such as photography, poetry, videography, and comic. Earlier in Indonesia, the distribution of creations through comics is very less, it changes until the emergence of LINE Webtoon that makes people can read local and international comics from various webtoons there are available in the LINE Webtoon. SEKOTENGS (sekumpulan koass gantengs) is one of the webtoon that went famous, because the content of the webtoon featured health information in a fun and entertaining way. The purpose of this study is to examine and analyze the relationship between webtoon media users: SEKOTENGS which consists of media content, media exposure and social context with the fulfillment of health information. This research used quantitative research method with correlational approach that use stimulus-response theory and uses and gratification theory, to know whether this webtoon can provided health information for readers. The population of this study is the followers of Instagram account: @sekotengs. Based on the results of the research that has been done, found that there is a significant relationship between the use of Webtoon: SEKOTENGS with the fulfillment of health information. 0,803 is the result that came out from the pearson product moment test of this study, which mean there is positive relation with very strong relationship level between webtoon media: SEKOTENGS with fulfillment of health information, Subsequently relations between sub variable namely media content, media exposure and social context also have the relations with fulfillment of health information. From these three sub variables, that have the highest correlation value is the correlation value of the media content of 0.765.

Keywords: Stimulus-response theory, uses and gratification theory, webtoon SEKOTENGS, fulfillment of information.

 

Abstrak. Perkembangan new media adalah suatu hal yang tidak dapat di elakkan, hal ini akan terus berkembang dan menghasilkan platform-platform baru untuk berbagai hal. Kemudian media sosial sudah menjadi ajang penyaluran karya-karya anak bangsa, banyak karya seni yang dapat tercurahkan mulai dari hasil karya fotografi, puisi, videografi, sampai ke pada komik. sebelumnya di Indonesia penyaluran karya melalui komik memang sangat kurang. Sampai dengan munculnya LINE Webtoon yang membuat masyarakat dapat membaca komik lokal maupun internasional. Dari berbagai webtoon yang ada, salah satu webtoon yang menjadi perhatian adalah SEKOTENGS (sekumpulan koass gantengs) yang menampilkan informasi kesehatan dengan caranya yang menarik dan menghibur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis hubungan antara penggunaan media webtoon: SEKOTENGS yang terdiri dari isi media, terpaan media dan konteks sosial dengan pemenuhan informasi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang menggunakan teori stimulus-respon dan teori uses and gratification, untuk mengetahui apakah webtoon ini dapat memberikan informasi kesehatan bagi pembacanya. Populasinya-pun adalah follower Instagram @sekotengs. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkankan bahwa ada hubungan secara signifikan antara penggunaan media Webtoon: SEKOTENGS dengan pemenuhan informasi kesehatan. Dari hasil uji pearson product moment didapatkan hasil sebesar 0,803, yang artinya terdapat hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat kuat antara media webtoon: SEKOTENGS dengan pemenuhan informasi kesehatan, kemudian hubungan antara sub variabel nya yaitu isi media, terpaan media dan konteks sosial memiliki hubungan dengan pemenuhan informasi kesehatan. Dari ketiga sub variabel ini, yang memiliki nilai korelasi tertinggi adalah nilai korelasi dari isi media yaitu sebesar 0,765.

Kata Kunci: Stimulus-response theory, uses and gratification theory, webtoon SEKOTENGS, pemenuhan informasi.

 


Keywords


Stimulus-response theory, uses and gratification theory, webtoon SEKOTENGS, pemenuhan informasi.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Liliweri. Alo. (2009). Dasar-dasar komunikasi kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Morissan. (2014). TEORI KOMUNIKASI Individu Hingga Massa. Jakarta: KENCANA

-----------. (2016). Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. (2014). ILMU KOMUNIKASI Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jurnal:

Situmorang, James R. 2012. “Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budayaâ€, dalam Jurnal Administrasi Bisnis (2012), Vol.8, No.1 (hal. 73–87)

Triwardhani, Ike Junita. 2006. “Komunikasi Persuasif pada Pendidikan Anakâ€, dalam Jurnal Komunikasi “MEDIATOR†(2006), Vol.7, No.1 (hal. 77–83)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11036

Flag Counter   Â