Word of Mouth sebagai Sarana Promosi Warunk Upnormal

Farhana Farhana, Anne Ratnasari

Abstract


Warunk Upnormal dalam aktivitas promosi produknya menggunakan word of mouth. Word of mouth menjadi media yang paling kuat dalam mengkomunikasikan produk atau jasa kepada konsumen. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana word of mouth sebagai sarana promosi. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana word of mouth dengan menggunakan media online Twitter. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumupulan data dilakukan dengan mewawancarai orang tim marketing dan konsumen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil mengenai aspek manajerial yang meliputi planning, organizing, actuacting dan controlling (POAC). Untuk hal penyusunan pesan berupa promosi yang sedang berjalan, lokasi keberadaan serta pesan yang diunggah oleh konsumen. Segmentasi yang dituju yakni kalangan muda pengguna gadget aktif. Alasan pemilihan Twitter karena penggunanya banyak, informasi disampaikan lebih cepat diterima, dan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan konsumen.

Keywords


Word of Mouth, Media Online, Twitter, Konsumen, Promosi

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth Marketing). Jakarta: Buku Seru.

Hasibuan, Malayu. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Irawan, Handi. 2008. Smarter Marketing Moves. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Kotler, Phillip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management (14th Edition).

New Jersey Prentice Hall

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung : Persada.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya

Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing (How Smart Companies Get People Talking). Austin. Greenleaf Book Group Press

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta :ANDI

Yin, Robert, K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode (Penerjemah : M. Djauzi Mudazkir). Jakarta : PT Raja Grafindo

Sumber Lain :

Harjanto, Rudy & Mulyana, Deddy. 2008. Komunikasi Getok Tular Pengantar Popularitas Merek. Jurnal MEDIATOR Volume 9 No. 2 (Terakreditasi Dikti)

Noor, Udung Rosyad. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar. Jurnal MIMBAR Volume 27 No. 2 (Terakreditasi Dikti)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1001

Flag Counter   Â