Pengaruh Faktor Fundamental dan Faktor Teknikal terhadap Indeks Harga Saham

Lia Nurliani, Dikdik Tandika

Abstract


Abstract.This research is meant to find out the influence of fundamental factor and technical factor to the stock price index. Fundamental factor of this research are ROE, EPS, DER and PER. Meanwhile, the technical factor of this research is volume tranding. As for the background of this research because the valuation of stock prices is fundamental step that must be done before the invesment, so that investor and traders don’t get caught in a losing condition.The object of this research is a manufacturing industry company listed on LQ-45. The data of this research is obtained from the annual financial statement at IDX in 2012-2016. The sampel of this research is selected by using purposive sampling technique so that it obtains 6 companies which aremeet the creteria. From the result of analysis found that ROE, DER and PER have positive influence to the Stock Price Index (IHS), meanwhile EPS and Volume Trading does not have any influence to the Stock Price Index (IHS). The prediction ability of those five variables Stock Price Index (IHS)is 29,6%, meanwhile the rest is 70,4% it has been explained by other varible which is not including to this research.

Keywords: factor fundamental, factor technical, stock price index.


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental dan faktor teknikal terhadap Indeks Harga Saham. Faktor fundamental pada penelitian ini adalah ROE, EPS, DER dan PER. Sedangakn faktor teknikal pada penelitian ini adalah Volume Perdagangan. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena penilaian harga saham merupakan langkah yang harus dilakukan sebelum investasi, sehingga investor maupun trader tidak terjebak dalam kondisi yang merugi. Objek penelitian ini adalah perusahaan industri manufaktur yang terdaftar di LQ-45. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan perushaan yang ada di IDX pada tahun 2012-2016. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 6 perusahaan yang memenuhi kriteria. Dari hasil analisis diketahui bahwa ROE, DER, dan PER berpengaruh positif signifikan terhadap Indeks Harga Saham (IHS). Sedangkan EPS dan Volume Perdagangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Indeks Harga Saham (IHS). Kemampuan prediksi kelima variabel tersebut terhadp IHS sebesar 29,6%. Sedangkan sisanya sebanyak 70,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata kunci : Faktor Fundamental, Faktor Teknikal, Indeks Harga Saham.



Keywords


Faktor Fundamental, Faktor Teknikal, Indeks Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhrudin, 2006. Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Salemba Empat: Jakarta

Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. 2011. Pasar Modal di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabet

Harahap, Sofyan Safri. 2004. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Lukman Syamsuddin. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi Keenam. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Tandelilin, Eduardus.2001. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Kanisius

Rahmat Taufiq (2016). Faktot- Faktor yang Mempengaruhi Indeks Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islam Indeks.

Sugeng Abidin (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Teknikal Terhadap Harga Saham

Yerrika, Irma. 2009. Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2005-2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9085

Flag Counter   Â