Analisis Peramalan Penjualan dengan Menggunakan Metode Single Moving Average, Weighted Moving Average dan Exponential Smoothing sebagai Dasar Perencanaan Produksi Polo Shirt Pria (Studi Kasus Pada PT.Amanah Garment Bandung)
Abstract
Latar belakang dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan penjualan produk di PT. Amanah Garment Bandung dengan menggunakan tiga metode peramalan yaitu single moving average, weighted moving average dan exponential smoothing dengan membandingkan nilai error MAD, MSE dan MAPE terkecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Rancangan analisis data dalam penelitian ini ; mengumpulkan data penjualan produk, pemilihan metode peramalan, menghitung akurasi peramalan dengan MAD,MSE dan MAPE, membandingkan nilai error terkecil, memilih metode peramalan terbaik dan menarik kesimpulan.
Keywords
Peramalan, Single Moving Average, Weighted Moving Average, Exponential Smoothing
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : LPFE Universitas Indonesia
Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta : Ghalia Indonesia
Heizer, Jay & Barry Render. 2011. Manajemen Operasi. Edisi Sembilan, Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta : Salemba Empat
William J. Stevenson. 2009. Management Operation. UK : Prentice Hall
Singgih, Santoso. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Draft, Richard L. 2006. Management. Jakarta : Salemba Empat
Harjanto, Eddy. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Jakarta : Grasindo
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7187
  Â