Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Citra Merek Pada PT.Xl AXIATA Tbk (Axis) ( Survei Pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung )

Emma Rachmaniar

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu pada PT.Xl Axiata Tbk (AXIS), mengetahui tanggapan konsumen tentang komunikasi pemasaran terpadu pada PT.Xl Axiata Tbk (AXIS), mengetahui tanggapan konsumen tentang citra merek pada PT.Xl Axiata Tbk (AXIS) dan untuk mencari seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap citra merek pada PT.Xl Axiata Tbk(AXIS) dengan jenis penelitian survei, metode penelitian menggunakan verifikatif dan serta analisis menggunakan regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Dengan jenis penelitian survey dan teknik penarikan sampel adalah probabilty sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis..Pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Axis yakni dengan menggunakan (1) Periklanan, (2) Promosi Penjualan, (3) Hubungan Mayarakat dan Publisitas (4) Penjualan Perseorangan dan (5) Penjualan langsung. Hasil Penelitian tentang tanggapan konsumen mengenai komunikasi pemasaran terpadu yakni “cukup†dan tanggapan konsumen mengenai citra merek pun†cukupâ€. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap citra merek dengan nilai p=0,000, koefisen kolerasi sebesar 0,651=(R=.651) dan koefisen determinasi (R square/R2) sebesar  42,4%  Artinya terdapat pengaruh antara komunikasi pemasaran terpadu terhadap citra merek.

Keywords


komunikasi pemasaran terpadu, citra merek

References


A.Shimp, Terence (2003). Periklanan Promosi aspek tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Aaker, David (1991). Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name.New York : Free Press

Arikunto, Suharsimi (2012) Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Azis, Azwar ( 2015 ) Strategi Persaingan Operator Telekomunikasi Seluler. Jakarta : Buletin Pos dan Telekomunikasi

Danibrata,Aulia ( 2011 ). Pengaruh Integrateed Marketing Communication Terhadap Brand Equity pada Sebuah Bank Pemerintah Jakarta Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Jakarta : STIE Trisakti

Hermawan,Agus ( 2012 ) Komunikasi Pemasaran .Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane (2012). Marketing Management, edisi 14. NewJersey : Prentice Hall Published.

Moch, Nazir (2011) Metode Penelitian , Cetakan 6. Bogor : Ghalia Indonesia

Naeem,Bilal., Bilal Muhammad., Naz Usma (2013) Integrated Marketing Communication : A Reveiew Paper. Pakistan : Departement Of Bussines Administration, Baharudin Zakariya University,Bahadur Sub Campus Layyah

Prabela Eka, Veronica Cintya., Kumadji, Srikandi., Mawardi, M Kholid ( 2016 ) Pengaruh Integrated Marketing Communication dan Public Relation Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian ( Survei Pada Pengunjung Hotel Harris dan Convention Malang) Jurnal Administrasi Bisnis . Malang : Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang

Sarjono, Haryadi., Julianita, Winda ( 2011) SPSS vs LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset .Jakarta : Salemba Empat

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta

Uma, Sekaran (2006) Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi 4 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5212

Flag Counter   Â