Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Bandung
Abstract
Abstract. This study aims to determine the effect of using electronic money on student consumptive behavior and to determine student consumptive behavior caused when using electronic money on management students at the Islamic University of Bandung. This study uses a quantitative approach with survey research methods. The author uses 80 samples of respondents from Islamic university management Students class 2017. Data collection uses a questionnaire and is analyzed using multiple linear regression analysis. The results showed that there was an effect of the use of electronic money on the consumptive behavior of students by 10.2%, and the consumptive behavior of students caused by the use of electronic money was not considering the function/usage, making excessive purchases, buying things that were not needed, and seeking satisfaction. Which must be fulfilled.
Keywords: Electronic Money, Consumptive Behavior, Students
Abstark. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa yang ditimbulkan ketika menggunakan uang elektronik pada mahasiswa manajemen universitas islam bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Penulis menggunakan 80 sampel responden mahasiswa manajemen universitas islam bandung angkatan 2017. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 10,2%, dan perilaku konsumtif mahasiswa yang ditimbulkan dalam penggunaan uang elektronik adalah tidak mempertimbangkan fungsi/kegunaan, melakukan pembelian yang berlebihan, membeli barang yang tidak diperlukan, dan mencari kepuasan yang harus dipenuhi.
Kata Kunci: Uang Elektronik, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Muhammad Sofyan, (2015). Dampak Kebijakan E-money di Indonesia Sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Adiyanti, Arsita I, (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-money. Malang: Universitas Brawijaya.
Hasibuan, Nando, Dio, (2015). Analisis Pengaruh Transaksi Non Tunai Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Dikria, Okky, dan Sri Umi Mintarti. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. “Jurnal Pendidikan Ekonomi 9, No. 2 (1 Oktober 2016): 128-39.
Ramadania, Laila “Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (EMoney) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa.†Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Studi Pembangunan 8, no. 1 (1 Maret 2016): 1-8.
Suminar, Eva, dan Tatik Meiyuntari. “Konsep Diri, Konformitas, dan Perilaku Konsumtif pada Remaja.â€Persona: Jurnal Psikologi Indonesian 4, No. 02 (22 Februari 2016).
Genady, Dien Ilham. “Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta)â€. Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta: UIN Syarih Hidayatullah, 2018.
Mufirdah, Dinda. “Pengaruh Convenience, Perfomance, dan Privacy dalam Penerapan Aplikasi Mobile Banking terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Onlineâ€, Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
Bank Indonesia. (2015-2020). Retrieved from bank Indonesia: http://www.bi.go.id/id/statistik+Sistem+Pembayaran/Uang+Elektronik.
Bank Indonesia. (2015-2020). Retrieved from https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/apmkpenyelenggara.aspx.
Gunawan, M. R. (2019). Analisis Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan E-Money terhadap Konsumsi Masyarakat di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam Vol 1 No 1, 36.
Setiani, R. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai. Skripsi, 16-17
Candraditya, H. (2013). Analisis Penggunaan Uang Elektronik pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol 2 No 3 , 97-107.
Ramdani, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (EMoney) terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Vol 8 No 1, 1-8.
Asih, Ratih Prameswari Wulan. (2021). Pengaruh Karakteristik Individu dan Kompensasi terhadap Turnover Intention. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 25-35
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28779
  Â