Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Restoran Gang Nikmat di Bandung)

Luki Rugandi Suparman, Hendrati Dwi Mulyaningsih, Dedy Anshari Harahap

Abstract


Abstract. At this time there is a very rapid development in the culinary field, as evidenced by the discovery of restaurants on every side of the road, one of which is the Gang Nikmat Restaurant. The purpose of this research is to find out how much influence the Electronic Word of Mouth and Product Differentiation on Consumer Purchase Decisions at Gang Nikmat Restaurant. The method used is the quantitatif method, and the sampling technique is by using incidental sampling. This type of research is a verification research with a quantitative approach. In this study, the population is the consumers of Gang Nikmat Restaurant, with a sample of 100 respondents. The data analysis method in this study uses multiple regression analysis method which aims to determine the relationship between the independent variable Electronic Word of Mouth (X1) and Product Differentiation (X2) with the dependent variable Purchase Decision (Y). So the results of this study are each variable Electronic Word of Mouth and Product Differentiation partially have a significant effect on Purchasing Decisions. And the two variables, the Electronic Word of Mouth and Product Differentiation simultaneously have a significant effect on Purchasing Decisions at Gang Nikmat Restaurant Consumers.

Keywords: Electronic Word of Mouth, Product Differentiation, Purchasing Decision

 

Abstrak. Pada saat ini terjadinya perkembangan yang sangat pesat dalam bidang kuliner, terbukti ditemukannya restoran disetiap pinggir jalan, salah satunya adalah Restoran Gang Nikmat. Tujuan dari peneltian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Gang Nikmat. Metode yang digunakan adalah dengan Metode kuantitatif, dan teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Sampling insidental. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi nya adalah Konsumen Restoran Gang Nikmat, dengan sampel 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen Electronic Word of Mouth (X1) dan Diferensiasi Produk (X2) dengan variabel dependen Keputusan Pembelian (Y). Maka hasil dari penelitian ini adalah masing-masing variabel Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk ssecara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan kedua variabel Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Restoran Gang Nikmat.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian


Keywords


Electronic Word of Mouth, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amanah, D., & Harahap, D. A. (2019). Loyalitas Konsumen: Implikasi dari Diferensiasi Produk dan Nilai Emosional. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 20(1), 15-26.

Baitaineh, A. Q. (2015). The impact of perceived e-WOM on purchase intention: the mediating role of corporate image. International Journal of Marketing Studies, 7(1), 126-137.

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WOM Scale:Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Journal of Administrative Sciences, 27, 5-23.

Kotler, Keller. (2016). Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Pertama). Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall

Ong I.A., & Sugiharto S.. Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2,2013. 4.

Soliana, D. S., & Pratomo, L. A. (2016). Anteseden dari word of mouth. Jurnal Ekonomi, 7(1), 1- 8. Retrieved

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung : Penerbit Alfabeta

Wijaya, Tommi. 2014. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr. Universitas Kristen Satya Wacana : Salatiga

Simamora, Idham Kurnia; Handoyo Djoko; dan Widyanto. 2013. “ Pengaruh Harga, Citra Merek, Positioning dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Jamu PT. Nyonya Meneer†Diponegoro Journal Of Social And Politic. Hal 1-12




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27114

Flag Counter   Â