Analisis Perbandingan Bid-Ask Spread, Depth, dan Volume Perdagangan sebelum dan sesudah Perubahan Sistem Fraksi Harga Saham

Siti Rabani Annisaa, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. The study aims to determine the comparsion of Bid-Ask Spread, Depth, and Trade Volume before and after the Tick Size changed. This research used comparsion method with survey tecniques on companies on Indonesia Stock Exchange LQ45 index in 2016 with secondary analysis using quantitative method. This research used ex-facto method, it means this method originates from event that have already been completed and will compared with the Comparsion technique analysis. The sampling technique that was used purposive sampling. The observation period of this study was 5 days before the tick size changed on 24th April to 29 April, and after the tick size change on 9 May to 13rd May 201 6. Analytical tool that was used is paired sample t-test parametric test for depth and trading volume data. While the bid-ask spread test uses the Wilcoxon singed rank test, with the help of the SPSS 23 Program. The result of this study indicate a difference between the average bid-ask spread, depth, dan trading volume between before and after the tick size changed.

Keywords: Bid-Ask Spread, Depth, Trading Volume, Tick Size

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbadingan Bid-Ask Spread, Depth, dan Volume perdangan Sebelum dan sesudah Perubahan fraksi harga saham. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan Teknik survei pada perusahaan yang tercatat pada indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia tahun 2016 dengan analisis data sekunder menggunakan metode kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan bersifat ex-facto, artinya metode ini berasal dari kejadian yang telah selesai terjadi lalu akan dibandingkan dengan Teknik analisis perbedaan.Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Periode pengamatan penelitian ini adalah 5 hari sebelum perubahan fraksi harga saham yaitu tanggal 24 april hingga 29 april, dan sesudah perubahan fraksi harga yaitu 9 mei hingga 13 mei 2016. Alat analisis yang digunakan adalah uji parametrik paired sample t-test untuk data depth dan volume perdagangan, sedangkan pengujian bid-ask spread digunakan uji Wilcoxon singed rank test. dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan antara rata rata bid-ask spread, depth, dan volume perdagangan antara sebelum dan sesudah perubahan fraksi harga saham.

Kata kunci: Bid-Ask Spread, Depth, Volume Perdagangan, Fraksi Harga


Keywords


Bid-Ask Spread, Depth, Volume Perdagangan, Fraksi Harga

Full Text:

PDF

References


Adwiyah, R. (2015). Reaksi Signal Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Untuk Periode 2012-2014. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa) Vol XII No. 2, 170-184.

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. (2011). Pasar Modal Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Haris, L. (2013). Trading & Exchange: Market Microstructure for Practitioners. USA: Oxford Universiry Press.

Jogiyanto. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Tiga. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nasih, M. (2014). Kualitas Laba dan Likuiditas Saham: Studi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan bisnis Tahun XXIV No. 1 April 2014, 70-80.

Ridwan, N. W. (2011). Analisis Perbandingan Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham Sebelun dan Sesudah Stock Split (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Go Public di BEI). Bandung: Universitas Islam Bandung.

Satiasari, F. (2009). Analisis Perbedaan Sistem Fraksi Harga Saham Terhadap Variabel Bid-Ask Spread, Depth, dan Volume Perdagangan (Studi pada fraksi harga Rp. 10, Rp. 25, Rp. 50 di BEI). Semarang: Universitas Dipenogoro.

Septina, N. (2017). Analisis Perbandingan Harga Saham, Jumlah Transaksi, Volume Perdagangan, dan Risiko Sebelum dan Sesudah Perubahan Fraksi Harga Saham pada Perushaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Syafriani, L. (2017). Analisis Pengaruh Perbedaan Fraksi Harga Saham Baru Terhadap Variabel Bid-Ask Spread, Depth, dan Volume Perdagangan Pada Perusahaan Bursa Efek Indonesia (Thesis). Riau: Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

Tandelilin, E. (2010). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE.

Yuli, E., & Kirmizi. (2012). Analisis Overreaction Hypotesis dan Pengaruh Ukuran Perusahaan, Bid-Ask Spread dan Likuiditas Saham Terhadap Fenomena Price Reversal. Pekbis Jurnal 4, 1-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20031

Flag Counter   Â