Pengaruh Instagram dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli pada Distro Random Apparel di Kota Bandung

Deby Julia Putri, Nina Maharni

Abstract


Abstrack. This research aims  to find out the implementation of the Instagram and Celebrity Endorser at the Distro Random Apparel in Bandung, to find out the responses of respondents regarding the Instagram and Celebrity Endorser, to find out the respondents response regarding to purchase intention, to find out how big the influence of Instagram toward the purchase intention, to find out how big the influence of Celebrity Endorser toward the purchase intention and to find out how big the influence of Instagram and Celebrity Endorser toward the purchase intention. This method used is a survey method, this type of research is verification quantitative. The sampling technique used is accindental sampling. Data analysis methods used is the multiple linier regression to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. This result of this study indicate that implementation the Instagram and Celebrity Endorser is not yet optimal and there is still much that needs to be fix it. There is a significant partial effecr between Celebrity Endorser on purchase intention, and there is a simultaneous influence Instagram and Celebrity Endorser on purchase intention.

Keyword : Instagram, Celebrity Endorser, Purchase Intention

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Instagram dan Celebrity Endorser pada Distro Random Apparel di kota Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Instagram dan Celebrity Endorser, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai minat beli, untuk mengetahui besar pengaruh Instagram terhadap Minat beli, untuk mengetahui besar pengaruh Celebrity Endorser terhadap minat beli dan untuk mengetahui besar pengaruh Instagram dan Celebrity Endorser terhadap Minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui arah hubungan antara variabel indipenden dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan Instagram dan Celebrity Endorser belum optimal dan masih banyak yang harus diperbaiki. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara Instagram terhadap minat beli pada Distro Random Apparel, terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara Celebrity Endorser terhadap minat beli. Dan terdapat pengaruh secara simultan antara Instagram dan Celebrity Endorser terhadap minat beli.

Kata kunci : Instagram, Celebrity Endorser, Minat Beli


Keywords


Instagram, Celebrity Endorser, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Atmoko, B. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Berger, e. (2014). Handbook ilmu komunikasi. bandung: Nusa media.

Chinomona, R. (2013). The Impact Of Product quality On Perceived Value. Trust and Students Intention To Purchase Electronic Gadgets. mediterraneam journal of social sciences, 4(No 14

Ferdinad, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen ( 5 ed.). Semarang: Universitas Diponogoro.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Instagram untuk Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli. jurnal bisnis terapan, 01(Nomor 01).

Kertamukti, R. (2015). Strategy Kreatif dalam Periklanan . Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Nasrullah, R. (2014). media sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

shimp, T. (2010). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing. USA: South Western.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16996

Flag Counter   Â