PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP KINERJA KARYAWAN

sri wahyu ningsih, Sri Suwarsi, Aminudin Irfani

Abstract


Quality of Work Life merupakan masalah utama yang patut mendapat perhatian perusahaan atau organisasi hal ini merujuk pada pemikiran bahwa Quality of Work Life dipandang mampu untuk meningkatkan peran serta dan sumbangan para anggota atau karyawan terhadap perusahaan atau organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quality of work life terhadap karyawan pada PT. Bank Panin,Tbk. Banjarmasin. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) pada karyawan yang disebar kepada 69 responden. Uji hipotesis dengan menggunakan regresi berganda menunjukkan bahwa hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh Quality of Work Life terhadap kinerja karyawan.

Besarnya nilai korelasi sebesar positif 0.722. Hal ini dapat diartikan bahwa secara variabel Lingkungan kerja, Partisipasi kerja dan Sistem imbalan terhadap Kinerja karyawan memiliki hubungan yang kuat. variabel kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh Lingkungan kerja, Partisipasi kerja dan Sistem imbalan sebesar 52,2%, sedangkan sisanya 16,8% dipengaruhi faktor lain. Dan hasil koefisien regresi tersebut dapat diketahui pengaruh lingkungan kerja, partisipasi kerja, dan sistem imbalan terhadap kinerja termasuk kedalam pengaruh yang sangat kecil, karena berkisar 0,00£ r < 0,722.


Keywords


Kualitas kehidupan kerja, Kinerja

References


Hasibuan, Malayu, SP. 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi,Cetakan ketujuh, Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta.

Malayu, S.P. Hasibuan 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesembilan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Samsudin, H, Sadeli, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Pustaka Setia, Bandung.

Rachmawati Ike Kusdyah, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisipertama, cetakan pertama, Penerbit: Andi Offset, Jakarta.

Yuniarsih Tjutju, dan Suwatno, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, Penebit: Alfabeta, Bandung

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Anatan, Lina dan Lena, Ellitan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bisnis Modern, Alfabeta, Bandung.

Husnawati, Ari. 2006. Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja sebagai Intervening variabel. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Sumarsono, HM. Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1569

Flag Counter   Â