Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen Indomaret Jl. Tamansari No.16 Kota Bandung

Siti Nursadiah, Nina Maharani

Abstract


Abstract. The purpose of research to find out how the implementation of sales promotion in Indomaret Jl. Tamansari No. 16 Bandung City, to know the consumer response about Indomaret sales promotion, to know consumer purchase intention in Indomaret, and  to find out how much influence sales promotion on consumer purchase intention Indomaret. The research method used is survey method. The type of research conducted is verifikatif. The sampling technique used is accidental sampling. The sample in this research is 100 respondents who have made a purchase in Indomaret. Data collection technique used is Simple Linear Regeresi Analyst to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. Implementation of Indomaret sales promotion can be quite good. Customer feedback regarding Indomaret sales promotion, can be quite good. Feedback on consumer purchase intention in Indomaret, can be said good. The results of this study indicate the influence of sales promotion on consumer purchase intention.

Keyword: Sales Promotion. Purchase Intention

 

Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi penjualan di Indomaret Jl. Tamansari No. 16 Kota Bandung, untuk mengertahui tanggapan konsumen mengenai promosi penjualan di Indomaret, untuk mengetahui minat beli konsumen di Indomaret, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli konsumen Indomaret. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah melakukan pembelian di Indomaret. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Analis Regeresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Pelaksanaan promosi penjualan Indomaret dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan pelanggan mengenai promosi penjualan Indomaret, dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan mengenai minat beli konsumen di Indomaret, dapat dikatakan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara promosi penjualan terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: Promosi Penjualan. Minat Beli Konsumen


Keywords


Promosi Penjualan. Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Agus Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ali Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Augusty Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen Edisi ke-5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponorogo.

Arifin Zulkarnain. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmophere Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), Vol 6, No.1

Arvina Herawati. Dkk. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart di Kecamatan Tembalang Semarang. Diponegoro Journal of Social adn Politic, Vol 2 No. 2

Beta Amrina Rosyada. 2015. Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen di Hypermart Kota Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 6 No. 1

Clow, Kenneth E., dan Donald Baack. 2014. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. 6th Edition. Global Edition. Pearson Education. London

Diah Siti Utami. 2016. Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Website, dan Green Marketing terhadap Minat Beli Konsumen The Body Shop (Studi Kasus di Jakarta dan Tanggerang Selatan). Skripsi Universitas Islam Negeri

Dian Yudhiartika. Dkk. 2012. Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi, [S.I], NOV. 2012. ISSN 2580- 5312.

Endhar Wijaya Putra, Dkk. 2016. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA Vol. 5 No. 3.

Fitri Maisya. 2012. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukit Tinggi. E-juornal.unp.ac.id

Grewal, Dhruw & Levy, Michael. 2014. Marketing, Fourth Edition. The McGrow-Hill, New York.

Hatane Samuel, dan Lianto, A.S. 2014. Analisis Ewom, Brand Image, Brand Trust, dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, ISSN 1907-235X

Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi ke-5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Kansa Khairunissa. Dkk. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 48 No. 2

Kotler, Philip, dan Gary Amstong. 2014. Principles of Marketing. 15th Edition. Global Edition. Pearson Hall, New Jersey.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., 2012. Retailing Management. New York, America: McGraw-Hill/Irwin

Melyana F Sinaga, Dkk. 2017. Analisis Bauran Promosi Program T-Cash (Studi Kasus Pelanggan Tekomsel Regional Jawa Barat di Bandung Tahun 2017. E-Proceeding of Applied Science: Bol. 3, No. 3, ISSN: 2442-5826

Priccila Natalia, Dkk. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen. Kesatuan, Vol. 2 No. 2.

Rambat Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ria Arifiani. 2014. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermart di Kota Bandung. Skripsi Universitas Telkom

Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-12. CV. Alfabeta: Bandung

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2012. Pemasaran Stratejik. 2nd ed. Yogyakarta: Andi

Utami Christina Widya. 2012. Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

https://bandungkota.bps.go.id

www.indomaret.co.id

www.klikindomaret.com

www.kompas.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13724

Flag Counter   Â