Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Scribble book Melalui Media Berbasis Online (Studi Kasus pada Area 52 Art Base)

Taufik Pahruzia Hidayat, Muhardi Muhardi, Poppie Sofiah

Abstract


Abstract. The public's need for notebooks and picture books currently tends to increase, this is due to the development of increasingly advanced times and driven by the potential of increasingly sophisticated technological advancements so that people are more easily facilitated to buy a product through online-based media. because the more sophisticated information or visuals through electronic media and digital technology, notebooks or picture books greatly affect the life needs of people, especially in Indonesia. the characteristics of the book as a medium of stationery or drawing make the book a very important choice especially for students, students, or office workers. because it is easy to carry anywhere with various sizes, notebooks and picture books are an option for people to work on a scientific design, draw illustrations, express creative ideas, and pour what is in mind into a writing or picture. In this case the purpose of the study was to determine the design of Scribble Book products on consumer purchasing decisions through online-based media conducted on stationery and Area 52 Art Base businesses. The method used in this research is descriptive method, which is a method that attempts to collect data that is appropriate to the actual situation, presents and analyzes it so that it can provide a clear enough picture of the object under study and then conclusions can be drawn. Data collection techniques carried out were questionnaire, observation, interview and literature study

Keywords: Product Design, Process Design, Purchase Decisions        

 

Abstrak. Kebutuhan masyarakat terhadap buku tulis dan buku gambar saat ini cenderung meningkat, hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang semakin maju dan didorong potensi kemajuan teknologi yang semakin canggihsehingga masyarakat lebih dimudahkan untuk membeli sebuah produk melalui media berbasis online. karena semakin canggihnya informasi ataupun visual melalui media elektronik dan teknologi digital,buku tulis atau buku gambar sangat mempengaruhi kebutuhan hidup masyarakat terutama di Indonesia. karakteristrik buku sebagai media alat tulis atau gambar menjadikan buku sebagai plihan yang sangat penting terutama bagi siswa, mahasiswa, atau pekerja kantoran. karena sifatnya mudah dibawa kemana saja dengan ukuran yang bermacam macam, buku tulis dan buku gambar menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mengerjakan suatu rancangan ilmiah, membuat ilustrasi gambar, menuangkan ide kreatif, dan menuangkan apa yang ada di dalam pikiran ke sebuahtulisian atau gambar. Dalam hal ini tujuan penelitian adalah untuk mengetahui rancangan desain produk Scribble Book terhadap keputusan pembelian konsumen melalui media berbasis online yang dilakukan pada usaha Alat tulis dan gambar Area 52 Art Base. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang berusaha mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, menyajikan serta menganalisisnya sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti dan kemudian dapat ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kusioner, observasi, wawancara dan studi kepustakaan.

Kata Kunci : Desain Produk, Desain Proses, Keputusan Pembelian


Keywords


Desain Produk, Desain Proses, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Yus R Hardjadinata 2005. Manajemen Produksi Dan Operasi, Bandung: dialog

Assauri, Soyjan. 2008. Manajemen ProduksidanOperasi. Jakarta: LPFEUI

Chase, R.B., Aquilano, N.J &Jocobs, F.R, 1998. Production & Operations Management, Boston: Irvin/McGraw-Hill

Cooper, R, J. Edgett and E. Kleinschmidt. 2000. New Problems New Solutions:

Making Portfolio Management More Effective. Published in Research

Technology Management (Industrial Research Institute, Inc.)

Dominici, G. and Guzzo, R, 2010, Customer Satisfaction in the Hotel Industry: A Case Study from Sicily, International Journal of Marketing Studies Vo. 2, No. 2, pp. 211-235.

Guiltinan, Joseph P, AlihBahasaAgusMaulanan, 1991. Manajemen Pemasaran :Strategidan Program. Jakarta :Erlangga

Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operations Management-ManajemenOperasi. Edisi 7 Buku 1. Jakarta :SalembaEmpat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13369

Flag Counter   Â