Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Customer Experience terhadap Repurchase Intention pada Pelanggan 372 Kopi Bandung

Muhammad Hafiz, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to know the influence between CRM and Customer experience with repurchase intention. The type of this research is quantitative verification and research method used is descriptive survey that is the investigation held to obtain facts from the existing symptoms and seek factual information about the social, economic, or political institution of a group or an area. Popoulation in this research is customer 372 Bandung coffee. and has a sample of 100 people. The result of this research reveals that CRM pad 372 copies of bandung are in enough category, but customer experience and repurchase intention at 372 Bandung coffee is in good category. The results of this study also shows that there is a significant influence of CRM and customer experience on repurchase intention.

Keywords: CRM, customer relationship marketing, customer experience

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara CRM dan Customer experience dengan repurchase intention. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif survey yaitu penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah. Popoulasi pada penelitian ini merupakan pelanggan 372 kopi Bandung. dan memiliki sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa CRM pad 372 kopi bandung berada pada kategori cukup, namun customer experience dan repurchase intention pada 372 kopi Bandung berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari CRM dan customer experience terhadap repurchase intention.

Kata kunci : CRM, customer relationship marketing, customer experience


Keywords


CRM, customer relationship marketing, customer experience

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Buttle, Francis. 2007. Custumer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan).Bayumedia. Jakarta.

Fredrick Alfian, dan Peggy Hariwan 2013. Analisis pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang pada Wiki Koffie Bandung.

Garg, Ruchi and Zillur Rahman 2012. Measuring Customer Experience in Banks:

Scale Development and Validation . Journal of Modelling Management. Vol.9 No.1 pp 87-117.

Gentlie, Chiara, Nicola Spiller, and Giuliano Noci 2007. How to SustaintheCustomer Experience: An Operview of Experience Components that Co-create Value With the Customer. Europan Management Journal Vol.25, No. 5, 395410

Gifano, Afif. 2012. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi. Universitas Indonesia.

Grewal, Roggeveen, Fan Tsiros 2008. The Effect of Compensation onRepurchase Intention In Service Recovery. Journal of Retailling 84, 424-434

Hadiwidjaja, R.S. Dharmayanti, Diah. 2015. AnalisaHubunganExperientialMarketing, Kepuasan Pelanggan, LoyalitasPelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 2, No.2

Hellier, Philip K, Geursen Gus M, Carr Rodney A, and Rickard John A. 2003.

Customer Repurchase Intention: A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, Vol.37, 1762-1800

Hendarso, Gersom dan Sugiono Sugiharto 2013. Analisa Pengaruh Experiental

Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Café Buntos 99 Siduarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1 no.2 1-8

Ketajaya, Hermawan 2006. Boosting Field Marketing Performance From

Strategy toExecution Jakarta: Mizan Pustaka

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Alih bahasa Bob Sabran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta

Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Marketing Management 14th edition.

New Jersey: Pearson Education.

Meyer, C & Schwager, A. 2007. Understanding customer experience.

Harvard Business Review

Mufrino. 2016.Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention

(SurveiPada Konsumen Lisung The Dago Boutique Resto Bandung). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Prastyaningsih, Ayu Sari. Suyadi, Imam.Yulianto, Edy 2014.

PengaruhCustomerExperience terhadap Repurchase Intention (Niat Beli Ulang) (Survei pada konsumen KFC di lingkungan warga RW 03 desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis

Ratih Tresnati dan Ressy F. Yusalina 2009. Customer Experience Strategy

dalam upaya mendorong keputusan pembelian donuts. Studi kaus di j.co donuts & Coffee Bandung.

Schmitt, Bernd H. 2003. Customer Experience Management, A Revolutionary

Approach to Connecting With Your Customer. Hoboken, New Jersey : John Wiley & Sons, Inc

Schmitt. 1999. Experiential Marketing, How to Get Customer to

Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York : The Free Press.

Schmitt, Bernd H. 2003. Costumer Experince Management : A Revolutionary

Approach to Connecting with YourCostumer. New Jersey : John Wiley & Sons,Inc.

Senjaya Vivie 2013. Pengaruh Customer Experience Quality terhadap Customer

Statisfaction & Consumer Loyalty di Kafe Exelco Tunjungan Plaza Surabaya: Perspektif B2C. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol 1, no 1 2013 2-15

Smilansky, Shaz 2009. Eksperiental Marketing: A Practical Guide to Interactive

Brand Experiences. Universitas Indiana: Kogan Page

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Triyani Rahmadewi, Naili Farida, dan Reni Shinta Dewi 2015. Pengaruh CRM

danCustomer Experience terhadap Keputusan Pembelian Ulang melalui

Brand Trust pada PT NASMOCO Pemuda.

Vinsensius Ronald Tetanoe dan Diah Dharmayanti, S. M 2014. Pengaruh

ExperientalMarketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. Surabaya: Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, 1-2

Wijaya, Anneke. dan Dr.Hartono Subagio, 2014. Analisis Pengaruh Experiential

Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediating Variable Di De Mandailing Cafe UC Boulevard Surabaya.Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12151

Flag Counter   Â