Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku pada Produk Paving Block dengan Menggunakan Metode Lot For Lot dan Part Periode Balancing untuk Meminimumkan Biaya Persediaan di PT. Samson Jaya Utama

Renaldi Renaldi

Abstract


Abstract. At this time the economic growth and industrial competition in Indonesia is getting tighter, especially in big cities like Bandung. As the city continues to grow, its growth rate is more efficient and information technology is getting faster. This became one of the factors driving the creation of intense competition in the business world. To address this need, the company needs to be supported by adequate product capabilities and optimal stocking materials.Research done by using Material Requirment Planning method by comparing two calculation techniques that are Lot For Lot and Part Period Balancing which aims to find the most minimum cost.From the results of calculations in this study shows that, preparation of preparation of raw materials using Lot For Lot Techniques more efficient with a total cost of Rp. 1,632,000 compared to the Balanced Part Period Technique with total cost of Rp. 1.854.037.

Keywords : Material Requirment Planning, Inventory Planning

 

Abstrak. Pada saat ini pertumbuhan ekonomi dan persaingan industri di Indonesia yang semakin ketat, terutama di kota-kota besar seperti Bandung. Sebagai kota besar yang terus berkembang, laju pertumbuhan perekonomian serta perubahan teknologi dan arus informasinya pun semakin cepat. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong terciptanya persaingan ketat di dalam dunia bisnis. Untuk memenangkan persaingan ini perusahaan perlu didukung oleh kemampuan produk yang memadai dan stok material yang optimal. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode Material Requirment Planning dengan membandingkan dua Teknik perhitungan yaitu Lot For Lot dan Part Periode Balancing yang bertujuan untuk mencari biaya yang paling minimum.Dari hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukan bahwa, perencanaan persediaan bahan baku menggunakan Teknik Lot For Lot lebih efisien dengan total biaya sebesar Rp. 1.632.000 dibandingkan dengan Teknik Part Periode Balancing dengan total biaya sebesar Rp. 1.854.037.

Kata Kunci : Material Requirment Planning, Perencanaan Persediaan


Keywords


Material Requirment Planning, Perencanaan Persediaan

Full Text:

PDF

References


Heizer, Jay & Render, Barry. (2015). “Manajemen Operasi: Keberlangsungan dan Rantai Pasokanâ€. Edisi Sebelas. Diterjemahkan oleh: Hirson Kurnia, Ratna Saraswati, David Wijaya. Jakarta: Salemba Empat.

Baroto T, (2002),Perencanaan dan Pengendalian Produksi, GhaliaIndonesia, Jakarta.

Nurnajamudin, M. 2012. Buku 2 Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa Edisi Kedua , Cetakan Pertama, Jakarta: PT. Bumi Askara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11799

Flag Counter   Â