PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TOKO TAS HENNY JALAN DALEUM KAUM PASAR KOTA KEMBANG BANDUNG)

Shofia Amaliani Islami, Nina Maharani, Dede R. Oktini

Abstract


Industri penjualan tas yang banyak diminati oleh masyarakat Bandung salah satunya adalah Pasar Kota Kembang Bandung. Hasil survei di Pasar Kota Kembang ini terdapat 35 penjual tas, yakni 25 toko tas produk lokal dan 10 toko tas produk impor. Hal ini menyebabkan persaingan harga di Pasar Kota Kembang sangat lah ketat, baik antar produk yang sama maupun produk yang berbeda, tingkat perbedaan harga yang ditawarkan sangat kecil yaitu berkisar antara Rp.5,000,- sampai Rp.10,000,- untuk kedua jenis tas tersebut. Ditinjau dari segi harga, tas impor lebih mahal dibandingkan dengan tas lokal, hal ini menjadi salah satu penyebab lainnya terjadi persaingan yang sangat ketat di Pasar Kota Kembang Bandung. Salah satu penjual tas impor di Pasar Kota Kembang Bandung yaitu Toko Tas Henny, Toko Tas Henny mengalami fluktuatif selama tahun 2012 hingga tahun 2014, menurut pemilik dari Toko Tas Henny salah satu faktor penyebab nya adalah karena persaingan yang sangat ketat, dimana Toko Tas Henny menghadapi dua ancaman, yaitu dari produk lokal Tas Henny sudah banyak ditiru dari segi model, bentuk, dan corak namun dari segi harga tas lokal lebih murah sehingga tas lokal berpeluang merebut pasar tas impor. Ancaman lainnya adalah perbedaan harga yang sangat tipis dengan tas impor lainnya, hal ini menjadi sebuah ancaman karena konsumen akan mencari informasi tentang harga yang lebih murah dari harga Tas Henny. Dengan demikian, identifikasi masalah yang penulis ambil adalah bagaimana penetapan harga di Toko Tas Henny, bagaimana tanggapan konsumen tentang penetapan harga di Toko Tas Henny, bagaimana keputusan pembelian konsumen di Toko Tas Henny, dan seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Tas Henny. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan harga di Toko Tas Henny, tanggapan konsumen tentang penetapan harga di Toko Tas Henny, keputusan pembelian konsumen di Toko Tas Henny, dan sebesar besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Tas Henny

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini bersifat verifikatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data non probability sampling.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Tas Henny dengan nilai p = 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,633 (R = 0,633), dan koefisien determinan (R-quare / R2) sebesar 40%. Artinya harga secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Harga, Keputusan Pembelian

References


Buchori Alma. (2008).Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Bandung:Alfabeta

Christina WidyaUtami. (2012). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi 2.Bandung:Salemba

Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J. (2007). Business Essentials, 9th Edition. New Jersey: Prentice Hall

Kotler Philip , dan Gary Amstrong. 2012.Principles Of Marketing, Global Edition,. 14 Edition.united states:pearson Education.

Kotler and Kevin lane keller.2012.Principles of Marketing Management.united states:person Education

Kotler, Philip & Keller.(2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pretince Hall

Kotler Philip, dan Kevin lane keller.2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2.Jakarta;Erlangga

Levy, Weitz, and Grewal Dhruv. (2014). Retailing Management. 9th Edition. McGraw-Hill Education: Unites States of America

Sugiyono.2008.Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono.2012.Metode Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Schiffman, L & Kanuk, L. L. 2008. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Suharsimi Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:Bina Aksara

Ujang Sumarwan.2011. Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Jakarta:Ghalia

Alfred, O. 2013. Influence of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phone in The Kumasi Metropolis in Ghana A Comparative Study. Europian Journal of Business and Management. 5 (1): 181-186.

Doney and Cannon.( 1997). International Journal of Business and Management Invention ISSN. File, Cermark, and Prince

Nancy M.Ridgway.(2012).Journal of Retailing: The Role of Price in the Behavior and Purchase Decisions of Compulsive Buyers.Vol 88(1)

Rahmat Rezki, manajemen pemasaran 2014 dari Universitas Tamansiswa Padang, dalam judul penelitian skripsi “Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Ruko pada CV.Sinar Jaya Global Steel Padangâ€

Nur Munifa, manajemen pemasaran 2014 dari Universitas Muhammadiyah Purwerejo dalam judul penelitian skripsi “Pengaruh inovasi produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian Smartphone BlackBerry di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwerejoâ€

Muhammad Yusuf manajemen pemasaran 2011 dari Universitas Diponegoro Semarang dalam judul penelitian skripsi “Analisis pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk dan layanan prna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNDIP)â€




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1175

Flag Counter   Â